Pengorganisasian komunitas karang taruna dalam upaya mengatasi pencemaran lingkungan Di Dusun Blimbingan Desa Sidotentrem Kecamatan Bangilan Kabupaten Tuban Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rokhayati, Ima (2024) Pengorganisasian komunitas karang taruna dalam upaya mengatasi pencemaran lingkungan Di Dusun Blimbingan Desa Sidotentrem Kecamatan Bangilan Kabupaten Tuban Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ima Rokhayati_04020220037.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Ima Rokhayati_04020220037_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 July 2027.

Download (6MB)

Abstract

Fokus penelitian pada problematika lingkungan masyarakat yang dipengaruhi oleh belum adanya edukasi tentang pengolahan limbah ternak sapi yang berakibat pada pencemaran lingkungan di Dusun Blimbingan. Diantaranya penimbunan feses sapi, pengaliran limbah cair ternak secara langsung, sehingga memberikan dampak pada kehidupan sosial meliputi peningkatan penyebaran penyakit, ketidakseimbangan lingkungan, hidup tidak aman dan nyaman, dan sedikitnya lahan bersih. Penelitian ini menggunakan metodologi Participatory Action Research (PAR). Dalam prosesnya riset dilakukan untuk penyadaran masyarakat dengan tools Participatory Rural Apraisal (PRA). Dalam penyelesaian masalah disusun strategi pengorganisasian dengan menggunakan teknik Logical Framework Approach (LFA). Hasil perubahan sosial yang terjadi dalam proses pengorganisasian, yaitu perilaku masyarakat dalam membuang limbah ternak sapi secara tepat,dimana masyarakat memiliki pengetahuan dalam mengelola limbah ternak sapi menjadi pupuk organik yang ramah lingkungan. Terbentuknya kelompok peduli lingkungan, dimana akan bergerak dibidang lingkungan hidup dan melakukan kegiatan produktif lainnya yang berkaitan dengan lingkungan. Terbentuknya kebijakan program pemerintahan desa khusus lingkungan bersih dan sehat, dalam mengatasi permasalahan pencemaran lingkungan akibat dari pembuangan kotoran ternak sapi secara sembarangan. Adanya kelengkapan infrastruktur atau fasilitas penunjang dalam pengolahan limbah ternak sapi berupa biogas skala besar, dimana akan menjadi energi alternatif rumah tangga yang ramah lingkungan. Untuk menjadikan masyarakat lebih sejahtera karena dapat keluar dari lingkungan yang tidak bersih dan sehat, dan dapat mengajak orang lain untuk melakukan kebaikan, melalui edukasi Dakwah Bil Hal untuk memperluas skala gerakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rokhayati, Imaimaarh21@gmail.com04020220037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAfandi, Agusagusafandi@uinsa.ac.id2006116602
Subjects: Dakwah > Dakwah bil Hal
Kesejahteraan Sosial
Lingkungan Hidup
Keywords: Pengorganisasian; pencemaran lingkungan; limbah ternak sapi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ima Rokhayati
Date Deposited: 09 Jul 2024 03:24
Last Modified: 09 Jul 2024 03:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71161

Actions (login required)

View Item View Item