Zikir sebagai upaya mencapai kebermaknaan hidup pada jemaah majelis Dzikrul Ghofilin Mantab di Surabaya dan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kiftiyah, Nur Laili (2024) Zikir sebagai upaya mencapai kebermaknaan hidup pada jemaah majelis Dzikrul Ghofilin Mantab di Surabaya dan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Laili Kiftiyah_07010620011 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 July 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Nur Laili Kiftiyah_07010620011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kehidupan di era modern memberikan kemudahan bagi manusia, namun juga memberikan kecenderungan kepada materi dan kehidupan yang mewah. Keadaan tersebut membuat manusia menjadi tidak mengenal dan merasa asing dengan Tuhannya sehingga memunculkan kegelisahan dan kegersangan spiritual, kehilangan arah dan mengakibatkan krisis sosial hingga krisis spiritual. Krisis-krisis yang terjadi dikarenakan kurangnya kemampuan untuk memaknai hidup (meaning of life), karena semua krisis tersebut berpusat dan sangat berhubungan dengan persoalan makna hidup. Maka dari itu, manusia modern berupaya menemukan makna hidupnya melalui perkumpulan majelis dzikrul ghofilin. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana praktik pelaksanaan dzikrul ghofilin pada jemaah majelis dzikrul ghofiin Mantab di Surabaya dan Sidoarjo? 2) Bagaimana peran dzikrul ghofilin dengan pencapaian kebermaknaan hidup pada jemaah majelis dzikrul ghofilin Mantab di Surabaya dan Sidoarjo?. Dalam melaksanakan penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis, peneliti menggunakan analisis deskriptif mengenai temuan yang diperoleh dari lapangan. Peneliti menggunakan sumber data primer berupa jemaah majelis dzikrul ghofilin di Surabaya dan Sidoarjo, dan data sekunder berupa kitab dzikrul ghofilin, buku, jurnal, dan karya yang relevan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengamalan dzikrul ghofilin memberikan peran dalam penemuan dan pencapaian makna hidup bagi jemaah dzikrul ghofilin di Surabaya dan Sidoarjo. Dengan tercapainya makna hidup, maka kehidupan para jemaah menjadi lebih taat kepada Allah, merasa lebih tenang, memiliki hubungan yang baik di lingkungannya, selalu bertindak dan berpikir positif, serta dapat mengambil sikap yang baik dalam segala kondisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kiftiyah, Nur Laililailinur996@gmail.com0700620011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuktafi, Muktafimuktafisahal2@gmail.com2013086001
Subjects: Doa dan Zikir
Psikoterapi
Tasawuf
Keywords: Zikir; kebermaknaan hidup; jemaah majelis Dzikrul Ghofilin Mantab
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Nur Laili Kiftiyah
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:24
Last Modified: 03 Jul 2024 07:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71162

Actions (login required)

View Item View Item