Studi komparatif kitab sharh al-manzumah al-bayquniyyah fi 'ilm mustalah al-hadith karya Abu Mu'adz Tariq ibn 'Awadallah ibn Muhammad dan kitab sharh al-manzumah al-bayquniyyah karya Muhammad ibn Salih al-Uthaymin

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rhomadhoni, Ubaidillah Ahmad (2024) Studi komparatif kitab sharh al-manzumah al-bayquniyyah fi 'ilm mustalah al-hadith karya Abu Mu'adz Tariq ibn 'Awadallah ibn Muhammad dan kitab sharh al-manzumah al-bayquniyyah karya Muhammad ibn Salih al-Uthaymin. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ubaidillah Ahmad Rhomadhoni_E95217090.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Ubaidillah Ahmad Rhomadhoni_E95217090_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 July 2027.

Download (7MB)

Abstract

Diantara kitab yang menjadi perhatian para ulama hadis adalah manzumah al-bayquniyyah karya ‘Umar ibn Muhammad al-Bayquni. Di masa modern ini diantara ulama yang mensyarah kitab tersebut adalah Abu Mu’az Tariq ibn ‘Awadallah ibn Muhammad dengan karyanya Sharh al-Manzumah al-Bayquniyyah fi ‘Ilm Mustalah al-Hadith dan Muhammad ibn Salih al-‘Uthaymin. Kedua penulis ini memiliki latar belakang yang berbeda dari segi pendidikan, lingkungan. Abu Mu’az dalam biografinya lebih terfokus dalam mempelajari hadis dan ilmu hadis. Adapun al-‘Uthaymin lebih terfokus pada fiqih dan ilmu fiqih. Sehingga tidak sedikit memiliki pengaruh pada pola pensyarahan terhadap kitab tersebut. Disisi lain perbedaan dan persamaan dalam karya keduanya terlihat dalam model syarah dan segi penyusunannya. Pada penelitian ini akan membahas dua kitab tersebut dengan menggunakan metode deskriptif-analisis dan mengkomparasikan data dari kedua sumber penelitian tersebut. Juga dalam menganlisis data menggunakan metode kualitatif berdasarkan kajian kepustakaan yang mana pada proses penelitiannya menggunakan jurnal, buku, serta literatur lain dalam pengumpulan data. Adapun hasil dari penelitian ini adalah metode syarah Penulisan Kitab Sharh al-Manzumah al-Bayquniyyah fi ‘Ilm Mustalah al-Hadith. Syarah yang dilakukan Syaikh Tariq Abu Mu’az menggunakan metode metode tahlili ijmali dalam menjelaskan bait nazam al-bayquniyyah dijelaskan secara berurutan sesuai dengan tema hadis Sedangkan kitab Sharh al-Manzumah al-Bayquniyyah menggunakan metode tahlili tafsili. Adapun persamaan kedua kitab ialah termasuk kitab syarah ringkas untuk pemula dalam mempelajari ilmu hadis. Selain itu, keduanya tidak jauh berbeda dari pendapat para ulama hadis dalam menjelaskan istilah ilmu hadis. Sedangkan perbedaannya terletak pada metode penyusunannya Sharh al-Manzumah al-Bayquniyyah fi ‘Ilm Mustalah al-Hadith menggunakan metode tahlili ijmali sedangkan Sharh al-Manzumah al-Bayquniyyah menggunakan metode tahlili tafsili.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rhomadhoni, Ubaidillah Ahmadubaidillahmuhammadtamyiz@gmail.comE95217090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahimah, Rifiyatulrifiyafahima@uinsby.ac.id198809192018012001
Subjects: Agama > Biografi Tokoh
Hadis
Keywords: ilmu mustalah al hadith; manzumah al bayquniyyah; Abu Mu'adz Tariq ibn 'Awadallah; Muhammad ibn Salih al 'Uthaymin
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Ubaidillah Ahmad Rhomadhoni
Date Deposited: 05 Jul 2024 02:13
Last Modified: 05 Jul 2024 02:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71217

Actions (login required)

View Item View Item