العناصر الداخلية في رواية "يوم قتل الزعيم" لنجيب محفوظ

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azmi, Muhammad Afrinuddin (2024) العناصر الداخلية في رواية "يوم قتل الزعيم" لنجيب محفوظ. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Afrinuddin Azmi_A91217122.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Muhammad Afrinuddin Azmi_A91217122_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 July 2027.

Download (3MB)

Abstract

Unsur-unsur Intrinsik dalam Novel “Yauma Qutila al-Za'im” Karya Naguib Mahfudz sangat menarik untuk diteliti karena yang dimaksud dari judul “Hari Terbunuhnya Sang Pemimpin” ialah presiden dari mesir Anwar saddad. Namun cerita di dalam Novel ini berfokus kepada sistem pemerintahan pada masa itu yang berdampak kepada Masyarakat. Dalam penelitian ini peneliti membahas unsur intrinsik yang terdapat di dalam cerita “Yauma Qutila al-Za'im” karya Naguib Mahfudz. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah analisis unsur intrinsik yang meliputi: tema, tokoh, alur, setting, gaya bahasa, amanat dalam novel "Yauma Qutila al-Za'im" karya Naguib Mahfudz. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tema, tokoh, alur, setting, gaya bahasa, amanat dalam novel “Yauma Qutila al-Za’im. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Tema utama dalam novel ini adalah korupsi politik dan dampaknya terhadap kehidupan individu serta masyarakat.(2) Alur cerita dalam novel ini adalah alur campuran disusun secara kronologis dengan penggunaan alur flashback yang memperkaya narasi. (3)Tokoh dalam penelitian ada 2 yaitu tokoh utama: Muhtashimi, Elwan, Randah. dan tokoh pendukung : Fawwaz, Hannah, Zaenab, Sulaiman, Anwar, Gulstan. (4)Latar ada 2 macam yaitu latar tempat antara lain: sungai Nil, Pemakaman Priramida, kantor, kafe, jalan Nil, taman, apartement. Dan latar waktu yaitu: pagi dan malam. (5) Adapun uslub atau gaya bahasa dalam novel ini adalah kalam insya’i tholabi, kalam khobari, tasbih, dan isti’arah makniyah. Dan yang terakhir (6)amanat yang terkandung adalah kritik terhadap kememimpinan dan kekuasaan, dampak sosial dan Ekonomi dari kebijakan politik, kepentingan pribadi versus kepentingan umum, pentingnya kejujuran dan integritas

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azmi, Muhammad Afrinuddinafrinuddin@gmail.comA91217122
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRomdhon, Atiqatiqramadhan@yahoo.com2021126701
Subjects: Adab
Bahasa Arab
Sastra
Keywords: Unsur intrinsik; Yauma Qutila al Za’im; Naguib Mahfudz
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: afrinuddin azmi azmi
Date Deposited: 05 Jul 2024 01:40
Last Modified: 05 Jul 2024 01:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71233

Actions (login required)

View Item View Item