Terapi husnuzan dalam meningkatkan optimisme generasi stroberi: studi eksperimental mahasiswi tasawuf dan psikoterapi angkatan 2020 UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'diyah, Lailatul (2024) Terapi husnuzan dalam meningkatkan optimisme generasi stroberi: studi eksperimental mahasiswi tasawuf dan psikoterapi angkatan 2020 UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Sa'diyah_07020620033.pdf

Download (13MB)
[img] Text
Lailatul Sa'diyah_07020620033_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 July 2027.

Download (13MB)

Abstract

Generasi stroberi adalah generasi kreatif dan banyak ide cemerlang namun ketika dihadapkan dengan tekanan menjadi rapuh, pesimis, dan mudah menyerah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana efektivitas terapi husnuzan dalam meningkatkan optimisme generasi stroberi studi eksperimental mahasiswi tasawuf dan psikoterapi UIN Sunan Ampel Surabaya angkatan 2020? Penelitian ini bertujuan untuki mengetahuii efektivitas terapiihusnuzan dalami meningkatkan optimisme generasi stroberi studi eksperimental mahasiswi tasawuf dan psikoterapi UIN Sunan Ampel Surabaya angkatan 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed methods dengan analisis data kuantitatif statistik deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kuesioner, dokumentasi, dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswi Tasawuf dan Psikoterapi angkatan 2020 UIN Sunan Ampel Surabaya sebanyak 22 subjek. Hasil dari penelitian ini mengatakan adanya kecenderungan peningkatan skor post-test dan perubahan kategori optimisme yang awalnya berada di kategori rendah menjadi sedang pada kelompok eksperimen serta kecenderungan penurunan dan statis pada skor post-test serta berada di kategori optimisme sedang pada kelompok kontrol, perubahan ini menunjukkan bahwa terapi husnuzan memberikan pengaruh peningkatan optimisme kepada mahasiswi Tasawuf dan Psikoterapi angkatan 2020 UIN Sunan Ampel Surabaya, sehingga dapat dikatakan bahwa terapi husnuzan efektif dalam meningkatkan optimisme generasi stroberi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'diyah, Lailatullailatulsadiyah682@gmail.com07020620033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFauziyah, Nailatinnailatin.fauziyah@uinsby.ac.id2012067403
Subjects: Psikoterapi > Psikoterapi Islam
Keywords: Terapi husnuzan; optimisme; generasi stroberi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Lailatul Sa'diyah
Date Deposited: 05 Jul 2024 01:32
Last Modified: 05 Jul 2024 01:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71235

Actions (login required)

View Item View Item