Pergeseran makna ziarah makam wali sunan ampel Surabaya: studi analisis interaksionisme simbolik pada generasi Z

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azzahra, Khairunisa (2024) Pergeseran makna ziarah makam wali sunan ampel Surabaya: studi analisis interaksionisme simbolik pada generasi Z. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khairunisa Azzahra_07010220009.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Khairunisa Azzahra_07010220009_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 July 2027.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas fenomena generasi z dalam memaknai aktivitas mengunjungi Makam Sunan Ampel di Kota Surabaya. Perkembangan zaman memicu berbagai pergeseran terjadi, termasuk dalam aspek memaknai hal-hal yang pada mulanya dianggap sebagai ibadah. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui bagaimana pergeseran makna dalam aktivitas ziarah Makam Sunan Ampel di Surabaya yang dilakukan oleh generasi z serta untuk mengetahui bagaimana makna simbolik dalam aktivitas ziarah Makam Sunan Ampel di Surabaya yang dilakukan oleh generasi z. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang melibatkan sepuluh peziarah Makam Sunan Ampel yang berasal dari kalangan generasi Z. Penelitian ini menemukan bahwa Ziarah awalnya dianggap sebagai aktivitas religius dengan makna spiritual, di mana peziarah mencari kehadiran ilahi dan kedamaian batin. Namun, istilah "wisata" mulai digunakan untuk menggambarkan ziarah, mencerminkan adaptasi tradisi keagamaan terhadap perubahan sosial dan ekonomi. Ziarah berubah menjadi bentuk wisata, menarik minat masyarakat yang lebih tertarik pada pengalaman wisata daripada aktivitas religius murni, membawa manfaat ekonomi seperti peningkatan perdagangan lokal dan lapangan pekerjaan. Meski begitu, ada kekhawatiran bahwa penekanan aspek wisata dapat mengaburkan makna spiritual ziarah dan tujuan religiusnya. Selain itu, konsep Mind, Self, dan Society dari Mead menunjukkan bagaimana praktik ziarah memperkuat identitas spiritual dan sosial individu dalam komunitas Islam serta dipengaruhi oleh norma dan nilai keagamaan masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azzahra, Khairunisakhaiyara24000@gmail.com07010220009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYaqin, Haqqulhaqqulyaqin@uinsby.ac.id2113027201
Subjects: Budaya - Agama
Ziarah Kubur
Tradisi Islam
Keywords: Ziarah wali; interaksionisme simbolik; generasi Z
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: KHAIRUNISA AZZAHRA
Date Deposited: 05 Jul 2024 01:29
Last Modified: 05 Jul 2024 01:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71245

Actions (login required)

View Item View Item