Peningkatan keterampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas iii Ibnu Mas’ud Mi Nurul Yaqin Surabaya melalui model kooperatif tipe send a problem

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aminah, Siti (2016) Peningkatan keterampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas iii Ibnu Mas’ud Mi Nurul Yaqin Surabaya melalui model kooperatif tipe send a problem. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (722kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (782kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (355kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterampilan membaca pemahaman siswa yang rendah pada pelajaran bahasa Indonesia. Keterampilan membaca pemahaman yang rendah memberikan dampak sulitnya mencapai tujuan pembelajaran bagi pelaku pendidikan. Hal ini dikarenakan siswa kurang memahami kosakata menjadi kalimat bermakna, selain itu siswa mengalami kesulitan membuat petanyaan dengan memandu bacaan. Untuk meningkatkan hasil keterampilan membaca siswa, diambil tindakan pembelajaran melalui model Kooperatif tipe Send A Problem yang dilakukan dalam 2 siklus.
Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tingkat keterampilan membaca pemahaman sebelum diterapkan model Kooperatif tipe Send A problem pada siswa kelas III Ibnu Mas’ud MI Nurul Yaqin?. 2) bagaimana penerapan model Kooperatif tipe Send A Problem dalam rangka meningkatkan keterampilan membaca pemahaman mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III Ibnu Mas’ud MI Nurul Yaqin Surabaya?. 3) Bagaimana peningkatan keterampilan membaca pemahaman mata pelajaran bahasa Indonesia melalui model Kooperatif tipe Send A Problem pada siswa kelas III Ibnu Mas’ud Kelas III MI Nurul Yaqin Surabaya?
Penelitian merupakan ini dilakukan dengan Model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewwin yang dalam satu siklus terdiri dari empat komponen, meliputi: Perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tekni pengumpulan data yang digunakan yakni: Wawancara, observasi, dan penilaian non tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterampilan pembaca pemahaman siswa kelas III Ibnu Mas’ud MI Nurul Yaqin Surabaya mash tergolong rendah. Hal ini dapat dilihihat darirata-rata nilai ulangan yang merujuk pada keterampilan membaca siswa yakni 50,5 dengan ketuntasan 48%. (2) Penerapan model Kooperatif tipe Send A Problem pada keterampilan membaca pemahaman siswa dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi guru pada siklus I adalah 75% (baik) meningkat menjadi 92,5% (sangat baik). Peningkatan ini juga terjadi pada observasi keaktifan siswa pada siklus I yakni 72.5% (baik) meningkat menjadi 95% (sangat baik) pada siklus II. (3) Adanya peningkatan proses pembelajaran berdampak pula pada peningkatan kinerja dan produk siswa. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 74,87 menjadi 88,1 pada siklus II yang secara klasikalnya sudah tuntas. Begitu pula persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 48% menjadi 93% pada siklus II dengan katagori sangat baik.
Kata Kunci: Keterampilan Membaca Pemahaman, Model Kooperatif tipe Send A Problem, Bahasa Indonesia

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aminah, Sitiminaminmin38@yahoo.comUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Metode
Keywords: Membaca; Model Pembelajaran; Model Kooperatif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Aminah
Date Deposited: 29 Jun 2016 06:58
Last Modified: 11 Nov 2019 03:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7125

Actions (login required)

View Item View Item