Epistemologi tafsir al qur'an aktual karya Achmad Musta'in Syafi'ie pada kanal Youtube Galeri MQ

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamid, Muhamad Hasyim Nur (2024) Epistemologi tafsir al qur'an aktual karya Achmad Musta'in Syafi'ie pada kanal Youtube Galeri MQ. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhamad Hasyim Nur Hamid_07010320018 OK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Muhamad Hasyim Nur Hamid_07010320018 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 July 2027.

Download (4MB)

Abstract

Telaah tentang Epistemologi Tafsir Al-Qur’an Aktual karangan Achmad Musta’in Syafi’ie Pada Kanal YouTube Galeri Mq merupakan faktor utama untuk dikaji. Pembahasan mengenai epistemologi tidak hanya tentang ilmu konvensional saja, akan tetapi juga mencakup seluruh disiplin keilmuan termasuk ilmu tafsir.Tafsir Al-Qur’an Aktual pada kanal youtube Galeri Mq merupakan salah satu produk tafsir Nusantara yang berbahasa indonesia dengan bahasa yang ringan sehingga mempermudah penikmat tafsir online guna mengetahui makna Al-Qur’an. Persoalan yang dibahas pada penelitian ini mencakup 1) Apa saja sumber yang dipakai Achmad Musta’in Syafi’ie saat menginterpretasikan Al-Qur’an 2)bagaimana metode dan corak interpretasi Al-Qur’an Aktual pada kanal youtube Galeri Mq 3) bagaimana validitas penafsiran Al-Qur’an Aktual di kanal youtube Galeri Mq. Penelitian ini tergolong pada jenis penelitian kepustakaan (library research) memakai metode analisis wacana kritis dan pendekatan filosofis. Metode analisis wacana kritis digunakan untuk mengetahui ideologi, kecenderungan, dan penggunaan proposisi yang sesuai dengan konteks yang terjadi. Sedangkan pendekatan filosofis dipakai guna menganalisa terkait epistemologi Tafsir AlQur’an Aktual pada kanal youtube Galeri Mq yang mencakup sumber, metode, corak, dan validitas penafsiran.Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa landasan epistemologi Tafsir Al-Qur’an Aktual pada kanal youtube Galeri Mq lebih dominan menggunakan riwayat kitab tafsir Al-Qurtubi, tafsir Al-Tabari dan pemikiran atau ijtihad. Metode penafsiran jika dilihat dari model penafsiran dominan menggunakan maudhu’i, jika dilihat dari model penyampaian dominan menggunakan tahlili dengan model tartib maudhu’i. Tafsir ini bercorak adab ijtima’i dan lughawi. Validitas penafsiran menggunakan teori performatif dan teori konsensus. Dilihat teori performatif Achmad Musta’in Syafi’i memenuhi aspek otoritas dan wewenang, juga jujur dalam penyampaian dan penjelasan tafsirnya,dari aspek metodologis juga sesuai dengan yang diucapkan dan tidak menyimpang.Dari teori konsensus Achmad Musta’in Syafi’i menggunakan penjelasan yang mudah untuk dipahami dengan penggunaan proposisi yang benar dan sesuai. jika dilihat dari aspek metodologis, sumber, metode, dan corak merupakan hal yang sudah disepakati oleh ulama-ulama tafsir sebelumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamid, Muhamad Hasyim Nurmuhamadhasyimnurhamid@gmail.com07010320018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbd, Kholida.kholid@uinsby.ac.id2002026501
Subjects: Fatwa
Al Qur'an
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Epistemologi; tafsir al qur'an aktual; Achmad Musta'in Syafi'ie; Galeri MQ
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Muhamad Hasyim Nur Hamid
Date Deposited: 05 Jul 2024 01:53
Last Modified: 05 Jul 2024 01:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71269

Actions (login required)

View Item View Item