Potensi bakteri simbion rumput laut merah (Kappaphycus alvarezii) sebagai produsen enzim karagenase.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Oktavia Nur (2024) Potensi bakteri simbion rumput laut merah (Kappaphycus alvarezii) sebagai produsen enzim karagenase. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Oktavia Nur Hidayah_09010420014 OK.pdf

Download (619kB)
[img] Text
Oktavia Nur Hidayah_09010420014 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 July 2027.

Download (3MB)

Abstract

Kappaphycus alvarezii merupakan salah satu spesies rumput laut merah yang memiliki kandungan karagenan yang tinggi. Karagenan biasanya sering dimanfaatkan sebagai bahan baku pada industri makanan, obat-obatan maupun kosmetik. Namun, terdapat permasalahan pada pemanfaatan karagenan pada bidang industri yaitu rendahnya daya larut yang disebabkan oleh berat molekul yang besar. Salah satu metode pemecahan molekul yang dapat digunakan adalah mendegradasi karagenan dengan bantuan proses enzimatik yaitu enzim karagenase. Enzim karagenase merupakan enzim yang memiliki aktivitas tinggi dalam menghidrolisis karagenase. Enzim karagenase dapat diperoleh secara alami dari hasil isolasi mikroba laut pada habitat Kappaphycus alvarezii yang memiliki potensi aktivitas karagenase yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi enzim karagenase pada isolat bakteri yang bersimbiosis dengan rumput laut Kappaphycus alvarezii. Penelitian ini dilakukan dengan mengidentifikasi beberapa hal, yaitu jenis sampel rumput laut, isolasi dan pemurnian bakteri, uji aktivitas enzim secara kualitatif menggunakan uji CPC, uji aktivitas enzim secara kuantitatif menggunakan uji DNS serta identifikasi bakteri secara mikroskopis dan makroskopis. Hasil identifikasi rumput laut menunjukkan bahwa sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Kappaphycus alvarezii. Pada hasil isolasi didapatkan empat isolat yang berpotensi menghasilkan enzim karagenase. Hasil pengujian CPC ditemukan adanya potensi aktivitas enzim karagenase melalui perhitungan zona bening dengan indeks 0,13-2,76 mm. Pengujian DNS ditemukan adanya aktivitas enzim karagenase tertinggi pada isolat 3 sebesar 242,93 ± 1,06 U/ml. Identifikasi bakteri secara makroskopis dan mikroskopis pada isolat 3 yaitu ukuran sedang, bentuk bulat, warna putih, margins entire, elevasi raised serta pada pengujian mikroskopis yaitu teridentifikasi gram negatif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Oktavia Nuroktaviahidayahnur@gmail.com09010420014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorViolando, Wiga Alifwiga.alif@uinsby.ac.id--
Thesis advisorMunir, Misbakhulmisbakhul_munir@uinsby.ac.id--
Subjects: Biologi
Bahan Obat
Ilmu Kelautan
Potensi
Ekologi
Keywords: enzim karagenase' isolat bakteri; Kappaphycus alvarezii
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Oktavia Nur Hidayah
Date Deposited: 04 Jul 2024 13:11
Last Modified: 04 Jul 2024 13:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71273

Actions (login required)

View Item View Item