Makna filosofis NKRI harga mati (telaah pandangan nasionalisme gp. Ansor Jawa Timur perspektif analisis wacana kritis Norman Fairclough)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayatulloh, Alfan (2024) Makna filosofis NKRI harga mati (telaah pandangan nasionalisme gp. Ansor Jawa Timur perspektif analisis wacana kritis Norman Fairclough). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfan Hidayatulloh_07020120025 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 July 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Alfan Hidayatulloh_07020120025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini memfokuskan pandangan nasionalisme GP. Ansor Jawa Timur terhadap makna filosofis "NKRI Harga Mati". Konsep "NKRI Harga Mati" bagi ansor adalah sebuah sumpah suci untuk menjaga persatuan, menghormati keberagaman, dan menolak segala bentuk ancaman terhadap integritas bangsa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan wawancara dan pengamatan (observasi). Penelitian ini juga menggunakan pendekatan melalui pendekatan analisis wacana kritis Norman Fairclough. Pendekatan Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough merupakan kerangka teoretis yang digunakan untuk memahami dan menganalisis wacana dalam konteks sosial-politik. Pendekatan ini menyoroti hubungan antara bahasa, kekuasaan, dan ideologi dalam produksi serta reproduksi wacana. Melalui tinjauan filosofis, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana Ansor memahami dan mengartikan makna esensial dari NKRI sebagai fondasi yang tak tergoyahkan bagi keberlangsungan negara. Analisis wacana kritis Norman Fairclough digunakan untuk memahami konstruksi, reproduksi, dan ideologi yang terkandung dalam pandangan Ansor terhadap konsep tersebut. Fairclough menekankan bahwa wacana bukan hanya sebagai representasi realitas, tetapi juga sebagai praktek sosial yang mempengaruhi pembentukan identitas, kekuasaan, dan struktur sosial. Hasil penelitian ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang hubungan antara nasionalisme, identitas bangsa, dan penghargaan terhadap keberagaman dalam konteks pandangan GP. Ansor Jawa Timur terhadap NKRI Harga Mati.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayatulloh, Alfanalfanhidayatullah25@gmail.com07020120025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmam, Muchammad Helmihelmi.umam@uinsby.ac.id2004057901
Subjects: Filsafat > Filsafat Islam
Keywords: Makna filosofis; NKRI harga mati; analisis wacana kritis Norman Fairclough
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Alfan Hidayatulloh
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:40
Last Modified: 16 Jul 2024 03:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71286

Actions (login required)

View Item View Item