Peran K.H. Cholil bin Abdurrahman dalam mengembangkan Pondok Pesantren Salafiyah Al-Choliliyah Desa Jatirejo, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan (Tahun 1949-1989)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nafisah, Zumrotun (2024) Peran K.H. Cholil bin Abdurrahman dalam mengembangkan Pondok Pesantren Salafiyah Al-Choliliyah Desa Jatirejo, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan (Tahun 1949-1989). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zumrotun Nafisah_03020220072 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Zumrotun Nafisah_03020220072 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 July 2027.

Download (5MB)

Abstract

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, penulis menerapkan metode penelitian sejarah yang terdiri dari empat tahapan, meliputi: heuristik (pencarian dan pengumpulan sumber), verifikasi (kritik sumber), interpretasi (penafsiran sumber), dan historiografi (penulisan sejarah). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan historis dan sosiologis. Adapun teori yang menjadi landasan dalam penelitian ini adalah teori peran yang dikemukakan oleh Bruce J. Biddle dan Edwin J. Thomas.Hasil dari penelitian ini di antaranya, yaitu: (1) K.H. Cholil bin Abdurrahman lahir pada 16 Juni 1918 M di Desa Bugul Kidul, Kota Praja Pasuruan. Beliau merupakan anak pertama dari pasangan K.H. Abdurrahman dan Ibu Nyai Hj. Siti Chadijah binti Musho. K.H. Cholil bin Abdurrahman wafat pada 02 Oktober 1989. (2) Pondok Pesantren Salafiyah Al-Choliliyah terletak di Desa Jatirejo Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan. Pesantren ini awalnya merupakan sebuah langgar yang didirikan oleh Kiai Abdul Jalal. Namun, di bawah kepemimpinan Kiai Cholil, langgar tersebut berkembang menjadi pesantren yang memiliki lembaga pendidikan formal dan non-formal. (3) Peran K.H. Cholil bin Abdurrahman dalam mengembangkan Pondok Pesantren Salafiyah Al-Choliliyah meliputi bidang pendidikan dan sosial keagaamaan. Adapun dalam bidang pendidikan beliau berperan dalam mendirikan Sekolah Rakyat Nahdlatul Ulama, membentuk karakter para santri dan mendukung berdirinya MMP dan TK Nahdlatul Ulama Lekok. Sementara peran beliau dalam bidang sosial keagamaan, yaitu berdakwah di tengah masyarakat dan membangun relasi yang baik antar sesama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nafisah, Zumrotunzumrotunnaff99@gmail.com03020220072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuzaiyana, Muzaiyanamuzaiyana@uinsby.ac.id2012086901
Thesis advisorZuhdi Dh, Achmadzuhdidh@gmail.com2011106101
Subjects: Biografi
Pesantren
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Peran; K.H. Cholil bin Abdurrahman; Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Zumrotun Nafisah
Date Deposited: 05 Jul 2024 12:47
Last Modified: 05 Jul 2024 12:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71314

Actions (login required)

View Item View Item