Evaluasi user experience aplikasi signal menggunakan user experience questionnaire dan honeycomb

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizqullah, Athalia Diah (2024) Evaluasi user experience aplikasi signal menggunakan user experience questionnaire dan honeycomb. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Athalia Diah Rizqullah_09020620024 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 July 2027.

Download (4MB)
[img] Text
Athalia Diah Rizqullah_09020620024.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pemerintah Indonesia telah meluncurkan aplikasi Samsat Digital Nasional (SIGNAL) yang diawasi oleh POLRI untuk memudahkan pengesahan STNK Tahunan, pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), dan Sumbangan Wajib Dana Lalu Lintas Angkutan Jalan (SWDKLLJ). Meskipun SIGNAL telah diunduh secara signifikan, terdapat keluhan pengguna di Google Play Store. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi pengalaman pengguna aplikasi SIGNAL menggunakan dua metode: UEQ (User Experience Questionnaire) dan Honeycomb, untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pengalaman pengguna. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan dan memperoleh 88 responden. Hasil evaluasi dengan metode UEQ menunjukkan bahwa variabel Attractiveness (mean 0.66), Efficiency (mean 0.49), dan Dependability (mean 0.68) mendapat kategori "Bad", sedangkan Perspicuity (mean 0.72), Stimulation (mean 0.65), dan Novelty (mean 0.53) mendapat kategori "Below Average". Metode Honeycomb menunjukkan skala Use (mean 3.26) mendapat kategori "Cukup Baik", sementara Feel (mean 3.54) dan Think (mean 3.61) mendapat kategori "Baik". UEQ mengungkap kelemahan teknis, meski hasil keseluruhannya masih positif dan netral. Honeycomb menunjukkan bahwa penggunaan dan perasaan pengguna cukup baik, namun aspek penggunaan masih perlu perbaikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizqullah, Athalia Diahathaliarizqullah03@gmail.com09020620024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRidwan, Mujibmujibrw@uinsby.ac.id2027048602
Thesis advisorIzzuddin, Muhammad Andikandik@uinsby.ac.id2007038402
Subjects: Pajak dan Perpajakan
Teknologi
Keywords: Pengalaman pengguna; aplikasi Signal; user experience questionnaire; honeycomb
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Athalia Diah Rizqullah
Date Deposited: 09 Jul 2024 03:41
Last Modified: 09 Jul 2024 03:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71333

Actions (login required)

View Item View Item