Implementasi nilai-nilai moral melalui metode pembiasaan pada anak kelompok A1 di TK Dharma Wanita Persatuan Keboansikep Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zumarnis, Nur Hanifah (2024) Implementasi nilai-nilai moral melalui metode pembiasaan pada anak kelompok A1 di TK Dharma Wanita Persatuan Keboansikep Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Hanifah Zumarnis_06040920057 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nur Hanifah Zumarnis_06040920057 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Berawal dari belum terlaksananya pembiasaan nilai-nilai moral dengan baik yang bisa dilihat ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung di TK Dharma Wanita Persatuan Keboansikep Gedangan Sidoarjo. Permasalahan ini melatar belakangi penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai-nilai moral melalui metode pembiasaan pada anak kelompok A1 TK Dharma Wanita Persatuan Keboansikep Gedangan Sidoarjo dan guna mengetahui beberapa faktor penghambat dan pendukung implementasi nilai-nilai moral melalui metode pembiasaan pada anak kelompok A1 TK Dharma Wanita Persatuan Keboansikep Gedangan Sidoarjo.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Yaitu pendekatan yang menghasilkan berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang diamati. Dengan mengambil latar belakang TK Dharma Wanita Persatuan Keboansikep Gedangan Sidoarjo. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah kepala sekolah, tenaga pendidik, dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan berbagai cara antara lain observasi, wawancara, pengumpulan dokumentasi, yang berhubungan dengan objek yang diteliti. Kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan pada tenaga pendidik akan pentingnya pembiasaan nilai-nilai moral pada peserta didik. Adapun hasil penelitian yang diperoleh yakni: berbaris masuk kelas, berdoa sebelum kegiatan, kegiatan pembelajaran berupa menulis huruf abjad di buku tulis, waktu istirahat atau makan, disiplin, toleransi. Faktor penghambat pembiasaan nila-nilai moral di TK Dharma Wanita Persatuan Keboansikep adalah faktor lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Faktor pendukungnya yaitu sarana prasarana yang sudah tersedia lengkap sehingga peserta didik nyaman dalam menjalankan pembelajaran di sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zumarnis, Nur Hanifahhanifahzumarnis12@gmail.com06040920057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2006076701
Subjects: Akhlak
Keywords: Nilai-nilai Moral; Metode Pembiasaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Nur Hanifah Zumarnis
Date Deposited: 08 Jul 2024 01:57
Last Modified: 08 Jul 2024 01:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71344

Actions (login required)

View Item View Item