Isolasi dan uji resistensi bakteri endofit akar eceng gondok (Eichhornia crassipes) terhadap linear alkylbenzene sulfonate

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahmudah, Arini Nurul (2024) Isolasi dan uji resistensi bakteri endofit akar eceng gondok (Eichhornia crassipes) terhadap linear alkylbenzene sulfonate. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arini Nurul Mahmudah_09020120022 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 July 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Arini Nurul Mahmudah_09020120022.pdf

Download (3MB)

Abstract

Linear alkylbenzene sulfonate (LAS) merupakah salah satu jenis surfaktan anionik yang secara luas digunakan sebagai bahan utama deterjen dan produk pembersih rumah tangga dan industri. Pembuangan limbah LAS secara langsung ke lingkungan tanpa diolah terlebih dahulu akan menyebabkan pencemaran lingkungan karena sifat toksik dari LAS. Oleh karena itu, diperlukan pengelolaan yang tepat untuk mengurangi efek toksik LAS, salah satunya dengan metode bioremediasi menggunakan bakteri endofit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengisolasi dan mengetahui kemampuan resistensi bakteri endofit dari eceng gondok terhadap LAS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan penelitian eksperimental laboratorium menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan 5 ulangan untuk setiap isolat bakteri endofit yang didapatkan. Identifikasi isolat bakteri endofit dilakukan secara makroskopis dan mikroskopis. Uji resistensi bakteri terhadap LAS dilakukan menggunakan media NB yang mengandung LAS dengan konsentrasi 10 ppm selama 14 hari. Tingkat resistensi bakteri dilihat berdasarkan pengukuran nilai OD bakteri dengan Spektrofotometer UV-Vis. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan sebanyak 4 isolat bakteri endofit dari akar tanaman eceng gondok. Hasil pengamatan makroskopis dan mikroskopis isolat bakteri menunjukkan masing-masing isolat termasuk ke dalam genus Bacillus, Streptomyces, Micrococcus, dan Neisseria. Hasil uji resistensi tertinggi berdasarkan pengukuran nilai OD ditunjukkan oleh isolat bakteri dari genus Streptomyces dengan rata-rata nilai OD sebesar 0,728 ± 0,11 dan tingkat resistensi terendah ditunjukkan oleh isolat bakteri dari genus Bacillus dengan rata-rata nilai OD sebesar 0,361 ± 0,04.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahmudah, Arini Nurularininm131@gmail.com09020120022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAgustina, Evaeva_agustina@uinsa.ac.id2030088901
Thesis advisorFaizah, Hanikhanikfaizah@uinsa.ac.id2006089002
Subjects: Biologi
Morfologi
Keywords: Isolasi; uji resistensi; bakteri endofit; akar eceng gondok (Eichhornia crassipes); alkylbenzene sulfonate
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Arini Nurul Mahmudah
Date Deposited: 10 Jul 2024 02:50
Last Modified: 10 Jul 2024 02:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71393

Actions (login required)

View Item View Item