Pengaruh penggunaan media pembelajaran crossword puzzle terhadap pemahaman vocabulary Bahasa Inggris kelas IV di MINU Tropodo Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ari Syahbana, Wildan (2024) Pengaruh penggunaan media pembelajaran crossword puzzle terhadap pemahaman vocabulary Bahasa Inggris kelas IV di MINU Tropodo Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wildan Ari Syahbana_06040720095 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 July 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Wildan Ari Syahbana_06040720095.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor yang menjadi penyebab kurangnya keterlibatan peserta didik dalam proses belajar mengajar. Salah satunya adalah kurangnya pemahaman kosakata bahasa Inggris. Selain itu, faktor lain yang turut berperan penting adalah penggunaan media pembelajaran yang terlalu monoton yang diterapkan oleh guru pada pelajaran bahasa Inggris. Khususnya dalam memahami kosakata bahasa Inggris. Hal ini berpengaruh terhadap kemampuan peserta didik dalam memahami kosakata, sehingga menyebabkan ketidaksesuaian dengan target yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran crossword puzzle terhadap pemahaman vocabulary bahasa Inggris di kelas IV MINU Tropodo Waru Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian eksperimen quasi yang berjenis Nonequivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan media crossword puzzle sedangkan variabel terikatnya adalah pemahaman vocabulary bahasa Inggris peserta didik kelas IV MINU Tropodo Waru Sidoarjo. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 84 peserta didik sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 55 peserta didik yang dibagi menjadi kelas kontrol berjumlah 27 dan kelas eksperimen juga berjumlah 27. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes (pretest-posttest) dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri atas uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 56,00 sementara pretest kelas eksperimen sebesar 64,87. Sedangkan nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol sebesar 69,45, sedangkan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 92,87. Perbedaan nilai rata-rata pada kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan adanya peningkatan nilai setelah diberi perlakuan. Hasil uji-t menyimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada skor nilai antara kelas kontrol (tanpa media crossword puzzle) dan kelas eksperimen (dengen media crossword puzzle) dalam mata pelajaran bahasa Inggris peserta didik kelas IV A dan IV C MINU Tropodo Waru Sidoarjo. Maka penelitian ini dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media crossword puzzle terhadap pemahaman vocabulary bahasa Inggris di kelas IV MINU Tropodo Waru Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ari Syahbana, Wildanwildanarisyah@gmail.com06040720095
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsa.ac.id2002027303
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2010097301
Subjects: Bahasa Inggris
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Media pembelajaran; crossword puzzle; vocabulary; Bahasa Inggris
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Wildan Ari Syahbana
Date Deposited: 09 Jul 2024 04:31
Last Modified: 09 Jul 2024 04:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71395

Actions (login required)

View Item View Item