Konstruksi sosial jaringan Gusdurian dalam merawat toleransi beragama di Kabupaten Bondowoso

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Danurendra, Althof (2024) Konstruksi sosial jaringan Gusdurian dalam merawat toleransi beragama di Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Althof Danurendra_07010220003 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Althof Danurendra_07010220003 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 July 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang konstruksi sosial Jaringan Gusdurian Bondowoso dalam merawat toleransi beragama di Kabupaten Bondowoso. Ada dua rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana kehidupan sosial keagamaan Jaringan Gusdurian Bondowoso, dan (2) Bagaimana Jaringan Gusdurian Bondowoso mengkonstruksi toleransi beragama di Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini menggunakan teori konstruksi sosial dari pemikiran Peter L. Berger dan pendekatan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang membutuhkan kedalaman penghayatan terhadap interaksi antara konsep atau analisis secara mendalam tentang hubungan-hubungan konsep yang dikaji secara empirik. Di dalam penelitian ini, pengumpulan data menggunakan beberapa metode seperti; (a) observasi, (b) dokumentasi, dan (c) wawancara mendalam. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan, yaitu; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) berdasrkan pandangan awal masyarakat selama ini menilai bahwa Jaringan Gusdurian Bondowoso merupakan perkumpulan yang hanya melakukan kegiatan keagaaman dan identik dengan perjuangan islam. Akan tetapi kenyataannya bahwa Jaringan Gusdurian berdiri di atas semua suku, agama, ras, dan antar golongan yang mengedepankan kemanusiaan dalam gerakan sosial keagamannnya, dan (2) Jaringan Gusdurian Bondowoso mengkonstruksi bentuk toleransi beragama berpedoman pada 9 Nilai Utama Gus Dur dan diwujudkan pada sisi kemanusiaan yang dilakukan melalui aktivitas sosial kemasyarakatan. Pemaknaan kembali nilai-nilai tersebut berdampak pada kegiatan lintas iman sehingga berdampak positif dalam tujuannya merawat dan menguatkan toleransi beragama di Kabupaten Bondowoso.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Danurendra, Althofalthofdanu35@gmail.com07010220003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYaqin, HaqqulHaqqulyaqin@uinsby.ac.id2113027201
Subjects: Agama
Masalah sosial
Perdamaian
Keywords: Gusdurian; toleransi agama; konstruksi sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Althof Danurendra
Date Deposited: 10 Jul 2024 12:09
Last Modified: 10 Jul 2024 12:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71447

Actions (login required)

View Item View Item