Analisis hukum islam terhadap praktik jual beli menggunakan sistem split payment di toko elektronik multi cell Ploso Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putriyah, Lailatul (2023) Analisis hukum islam terhadap praktik jual beli menggunakan sistem split payment di toko elektronik multi cell Ploso Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Putriyah_C02219020 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lailatul Putriyah_C02219020 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 August 2027.

Download (3MB)

Abstract

Jual beli menggunakan sistem split payment merupakan jual beli dengan cara membagi pembayaran yang dilakukan dengan menggunakan lebih dari satu metode pembayaran atau satu sumber pembayaran. Sistem pembayaran ini melibatkan beberapa sumber pembayaran untuk menangani satu transaksi yang sama atau untuk satu barang. Sehingga, dinilai dapat memudahkan pembeli apabila pembeli tidak mempunyai uang yang cukup yang digunakan untuk membeli barang khususnya handphone yang dijual di Toko Elektronik Multi Cell Ploso Jombang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) melalui teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi, dengan Teknik pengolahan data melalui editing, organizing, dan analizing. Selanjutnya, di analisis menggunakan metode kualitatif dengan pola pikir induktif yaitu pengambilan kesimpulan dimulai dari pernyataan atau fakta-fakta khusus menuju pada kesimpulan yang bersifat umum. Data dan fakta hasil pengamatan lapangan di susun, di olah, di kaji, kemudian ditarik maknanya dalam pernyataan atau kesimpulan yang bersifat umum. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan: pertama, pelaksanaan jual beli menggunakan sistem split payment di Toko Elektronik Multi Cell Ploso Jombang menggunakan akad jual beli, dimana penjual menjual barang dagangannya yang berupa handphone kepada pembeli, dan pembeli membelinya dengan menggunakan sistem split payment, namun adanya ketidaksesuaian tambahan bunga yang dikenakan apabila membeli dengan menggunakan pembayaran system split payment yang dipinjam dari aplikasi Kredivo, dalam praktiknya panjual tidak menginformasikan berapa pastinya bunga yang harus dibayar apabila menggunakan sistem split payment. Penjual hanya memberitahu bahwa tambahan bunga yang dibayar hanya sedikit tanpa memberatkan penjual, namun kenyataannya bunga yang dikenakan cukup besar sehingga pembeli merasa keberatan dan menimbulkan kerugian dari salah satu pihak. Kedua, berdasarkan Analisis Hukum Islam terhadap praktik jual beli dengan menggunakan sistem split payment di Toko Elektronik Multi Cell Ploso Jombang tidak sah dan batal serta tidak diperbolehkan dalam Hukum Islam. Dikarenakan, dalam praktiknya mengandung unsur Riba yang menyebabkan kerugian dari salah satu pihak (pembeli) karena bunga yang harus dibayar cukup besar apabila membeli dengan menggunakan sistem split payment, selain itu tidak adanya kejujuran dari pihak penjual terkait berapa pasti bunga yang harus dibayar apabila membeli dengan menggunakan sistem split payment. Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis menyarankan kepada penjual untuk melakukan akad atau perjanjian jual beli sesuai dengan rukun dan syarat jual beli yang dianjurkan dalam Islam, tidak seharusnya membuat pembeli lalai untuk mempelajari apakah transaksi atau sistem yang dilakukan tersebut akan merugikan dan memberatkan pembeli atau tidak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putriyah, Lailatulpuputtput14@gmail.comC02219020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuyikno, Suyiknoyicko.88@gmail.com2005077304
Subjects: Hukum Islam
Jual Beli
Keywords: Jual Beli
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Lailatul Putriyah
Date Deposited: 26 Aug 2024 06:16
Last Modified: 26 Aug 2024 06:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71462

Actions (login required)

View Item View Item