الأصوات في اللغتين العربية والمادورية (دراسة تقابلية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholehah, Imamatus (2024) الأصوات في اللغتين العربية والمادورية (دراسة تقابلية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imamatus Sholehah_03020120047 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 July 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Imamatus Sholehah_03020120047.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan antara bahasa Arab dan bahasa Madura. Penelitian ini mengontrastifkan vokal, konsonan, dan diftong dalam kedua bahasa tersebut untuk menemukan persamaan dan perbedaannya. Dari analisis perbandingan bahasa Arab dan bahasa Madura, ditemukan adanya persamaan dan perbedaan antara keduanya beserta kesulitannya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini menggunakan jenis pendekatan analisis kontrastif. Karena peneliti membandingkan bahasa Arab dan bahasa Madura dari segi bunyinya. Data dan sumber data penelitian ini berupa bunyi dalam bahasa Arab dan bahasa Madura yang terdapat dalam buku, artikel, jurnal atau lainnya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam bahasa Arab dan bahasa Madura terdapat persamaan dan perbedaan dalam segi bunyi konsonan, vokal, dan diftong. Persamaan bunyi konsonan terdapat sebelas pasang bunyi yang sama persis dan sebelas pasang bunyi yang mirip dari segi tempat keluar dan sifatnya. Dalam bunyi vokal terdapat dua pasang vokal yang sama persis dan satu bunyi vokal yang mirip. Dan dalam diftong terdapat satu persamaan saja. Sedangkan perbedaan konsonan terdapat tujuh pasang bunyi yang berbeda. Terdapat tujuh bunyi konsonan bahasa Arab yang tidak dimiliki oleh bahasa Madura, dan terdapat sembilan bunyi konsonan bahasa Madura yang tidak dimiliki oleh bahasa Arab. Dalam perbedaan vokal terdapat tiga bunyi vokal bahasa Arab yang tidak dimiliki oleh bahasa Madura, dan terdapat tiga bunyi vokal bahasa Madura yang tidak dimiliki oleh bahasa Arab. Dalam diftong ditemukan satu diftong bahasa Arab yang tidak dimiliki oleh bahasa Madura, dan terdapat tiga diftong bahasa Madura yang tidak dimiliki oleh bahasa Arab. Dan dari perbedaan inilah yang menjadi dasar kesulitan orang Madura dalam mempelajari bahasa Arab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholehah, Imamatusimamatuss2002@gmail.com03020120047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMufid, Nurnurmufid@uinsby.ac.id2020066401
Thesis advisorSyaikhu, Ahmadsyaikhu@uinsby.ac.id2008066801
Subjects: Bahasa Arab
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Bunyi; Bahasa Arab; Bahasa Madura
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Imamatus Sholehah
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:26
Last Modified: 10 Jul 2024 03:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71474

Actions (login required)

View Item View Item