Implementasi moderasi beragama dalam jaringan lintas Iman di Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setiawan, Dedik (2024) Implementasi moderasi beragama dalam jaringan lintas Iman di Kota Surabaya. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Dedik Setiawan_E92219052 OK.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Dedik Setiawan_E92219052 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 July 2027.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai proses implementasi ideologi moderasi beragama yang dilakukan oleh jejaring komunitas lintas iman yang ada di kota Surabaya. Penerapan prinsip-prinsip moderasi beragama yang dilakukan oleh masing-masing dari komunitas ini dipengaruhi oleh banyak faktor mulai dari visi dan misi dari masing-masing komunitas hingga gerakan-gerakan yang dilakukan oleh tokoh-tokoh penting yang dalam teori jaringan aktor disebut sebagai aktan. Beberapa aktan dari masing-masing komunitas tersebut kemudian saling menjalin jejaring demi selarasnya proses implementasi moderasi beragama dan masifnya dampak dari gerakan mereka terhadap masyarakat Kota Surabaya. Permasalahan serta bahasan dalam penelitian ini yakni: 1) Bagaimana implementasi moderasi beragama dalam ruang lingkup organisasi kemasyarakatan di Surabaya? 2) Bagaimana jejaring organisasi kemasyarakatan di Surabaya dalam mengimplementasikan nilai-nilai moderasi beragama? Karena penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif maka, kemudian membutuhkan pemahaman yang mendalam, pengembangan teori, dan data serta informasi yang akurat dari sumbernya. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis dari penelitian ini memberikan pemahaman bahwasannya implementasi moderasi beragama yang dilakukan oleh organisasi atau komunitas lintas iman yang ada di kota Surabaya bergerak dalam sebuah konstruksi jaringan atau jejaring antar komunitas. Dimana pada masing-masing komunitas tersebut diwakili oleh satu orang atau lebih sebagai aktor, penghubung, bahkan representasi dari organisasi itu sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setiawan, Dedikstiawaandq@gmail.comE92219052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAkhmad, Shiddiqa.siddiq@uinsa.ac.id2009087702
Subjects: Hubungan Masyarakat
Kerukunan Beragama
Pluralisme
Toleransi
Perdamaian
Keywords: Moderasi Beragama; Organisasi Masyarakat; ANT; Actor-Network Theory
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Dedik Setiawan
Date Deposited: 12 Jul 2024 03:42
Last Modified: 12 Jul 2024 03:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71540

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item