Partisipasi komunitas non muslim pada pengajian Gus Iqdam di majelis Sabilu Taubah Karanggayam Srengat Kabupaten Blitar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasan, Muhammad Nazry (2024) Partisipasi komunitas non muslim pada pengajian Gus Iqdam di majelis Sabilu Taubah Karanggayam Srengat Kabupaten Blitar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Nazry Hasan_07040220067 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Muhammad Nazry Hasan_07040220067 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Dalam pengajian Gus Iqdam pesan damai yang dibungkus dengan narasi keagamaan sangat menonjol sehingga menjadikan semua kalangan komunitas baik Islam maupun non muslim tertarik untuk hadir di majlis Sabilu Taubah di blitar jawa Timur. Dengan memanfaatkan media dan teknologi yang ada, serta memahami karakteristik audiens, majelis taklim dapat menjadi wadah yang berdaya guna untuk menyampaikan pesan-pesan keagamaan dalam era modern. Berdasarkan latar belakang di atas, maka fokus masalah dan tujuan penelitian ini adalah unruk mengetahui tentang (1) Apa yang menjadi motivasi komunitas non muslim untuk mengikuti pengajian Gus Iqdam di Blitar, (2) Bagaimana pesan damai yang disampaikan oleh Gus Iqdam dalam membangun nilai-nilai kerukunan antarumat beragama di Blitar. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Responden atau informan dalam penelitian ini adalah Jamaah Non Muslim dari agama Hindu dan juga Jamaah Non Muslim dari agama Kristen Protestan. Hasil penelitian ini menggambarkan, pada bagian pertama membahas pandangan komunitas non muslim terhadap pengajian Gus Iqdam, beberapa jamaah non muslim yang pernah menghadiri atau menyaksikan pengajian Gus Iqdam memberikan tanggapan positif. Mereka menghargai sikap inklusif dan pesan-pesan toleransi yang disampaikan oleh Gus Iqdam. Kemudian membahas tentang motivasi komunitas non muslim mengikuti pengajian Gus Iqdam di Majelis Sabilu Taubah Blitar. Dimana salah satu jamaah non muslim ada yang berpendapat motivasi dia mengikuti pengajian Gus Iqdam adalah ingin menunjukkan tentang kerukunan, maksudnya meskipun berbeda kita tidak menghentikan. Contohnya, kita berteman dengan muslim yang sedang melakukan pengajian, kan gak mungkin kita menghentikannya. Jadi kita bisa hidup berdampingan. Yang terakhir membahas tentang pesan damai yang disampaikan oleh Gus Iqdam dalam membangun nilai-nilai kerukunan antar umat beragama di Blitar. Dalam pengajiannya, Gus Iqdam seringkali menekankan beberapa prinsip dan nilai yang dapat membantu membangun serta memperkuat kerukunan di masyarakat yang beragam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasan, Muhammad Nazrynazryhasan67@gmail.com07040220067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKunawi, Kunawikunawi@uinsby.ac.id2018096401
Subjects: Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Muslim; Non muslim; Gus Iqdam; Pengajian
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Muhammad Nazry Hasan
Date Deposited: 23 Jul 2024 02:49
Last Modified: 23 Jul 2024 02:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71547

Actions (login required)

View Item View Item