Pengembangan e-modul berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) pada materi Bioteknologi untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yasmine, Maulidya (2024) Pengembangan e-modul berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) pada materi Bioteknologi untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maulidya Yasmine_06021020015 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 July 2027.

Download (5MB)
[img] Text
Maulidya Yasmine_06021020015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Setiap siswa pada abad 21 seharusnya memiliki kemampuan literasi sains untuk menunjang proses belajar. Namun, fakta di lapangan berdasarkan hasil pra penelitian menunjukkan kemampuan literasi sains siswa pada aspek pengetahuan masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Hal ini didukung hasil wawancara, kurang maksimalnya guru dalam menerapkan bahan ajar k13 pada pembelajaran dan juga kurang melatihkan literasi sains dalam latihan soal. Oleh karena itu, perlu dikembangkannya bahan ajar berupa e-modul berbasis SETS untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan e-modul berbasis SETS yang dikembangkan. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D (Define, Design, Development, and Desseminate). E-modul berbasis SETS ini di ujicobakan pada siswa kelas 9 di SMP Negeri 34 Surabaya melalui uji coba I sebanyak 9 siswa dan uji coba II sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: 1) teknik validasi ahli untuk memperoleh data kevalidan soal, materi dan media; 2) teknik kepraktisan ahli untuk memperoleh databkepraktisan teori; 3) teknik angket respon siswa untuk memperoleh data kepraktisan secara praktik; 4) serta teknik tes untuk memperoleh data kemampuan literasi sains siswa. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu: 1) kevalidan ; 2) kepraktisan; 3) dan uji keefektifan menggunakkan uji paired sample t-test dan perhitungan N-gain. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) e-modul berbasis SETS dikatakan valid dibuktikkan dengan presentase rata rata dari ketiga validator sebesar 90,34% sehingga masuk dalam kategori sangat valid; 2) e-modul berbasis SETS dikatakan praktis secara teori dibuktikkan dengan nilai 87,5% (dapat digunakan sedikit revisi) sedangkan praktis secara praktik dibuktikkan dengan perolehan persentase sebesar 83,32% sehingga masuk dalam kategori sangat praktis; 3) dan e-modul berbasis SETS dinyatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa dibuktikkan dengan perolehan nilai pada uji paired sample t-test dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang artinya terdapat perbedaan rata – rata yang signifikan antara tes kemampuan literasi sains siswa awal dan akhir; 4) serta perolehan uji n-gain sebesar 0,48 dan 0.41 yang artinya terdapat peningkatan pada hasil tes kemampuan literasi sains siswa awal dan akhir dalam kategori sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yasmine, Maulidyamaulidyayasmine12@gmail.com06021020015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorInayah, Naililnailil.inayah@uinsby.ac.id2020068902
Thesis advisorHidayati L., Srisri_hidayati@uinsby.ac.id0925018203
Subjects: Biologi
Teknologi
Keywords: Bioteknologi; E-modul; kemampuan literasi sains; SETS
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Maulidya Yasmine
Date Deposited: 16 Jul 2024 02:02
Last Modified: 16 Jul 2024 02:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71577

Actions (login required)

View Item View Item