Sibling rivalry dalam kisah Habil Qabil dan Yusuf A.S: aplikasi teori maqasid Sa’id Nursi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Habibah, Wasilatul (2024) Sibling rivalry dalam kisah Habil Qabil dan Yusuf A.S: aplikasi teori maqasid Sa’id Nursi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wasilatul Habibah_07020320083 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 July 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Wasilatul Habibah_07020320083.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penafsiran al-Qur'an berkembang seiring dengan kompleksitas problematika kehidupan masyarakat. Suatu metode digunakan dalam menafsirkan al-Qur’an untuk mempermudah memahami al-Qur’an, salah satunya metode maqasid al-Qur’an sebagai pendekatan untuk menafsirkan al-Qur’an yang merujuk pada tujuan atau maksud yang terkandung dalam ayat-ayat al-Qur’an. Maqasid al-Qur’an menurut Sa’id Nursi berkisar pada empat pokok (maqa>sid al-Qur’an al-Asasiyah). Sa’id Nursi juga menjelaskan bahwa maqasid al-Qur’an ada yang secara umum disebut dengan al-Maqsad al-Kulli, ada juga maqsad al-Suwar al-Qur’a>niyyah, maqsad al-Ayat al-Qur’aniyyah, dan maqsad al-Kalimah al-Qur’aniyyah. Pesan dalam al-Qur’an dapat disampaikan berupa kisah-kisah. Seperti dalam kisah Habil Qabil dan kisah Yusuf a.s, kisahnya Allah cantumkan dalam al-Qur’an. QS.al-Maidah ayat 27-31 dan Qs.Yusuf ayat 4-5 dan ayat 8-10 menceritakan konflik atau persaingan antar saudara (sibling rivalry). sibling rivalry merupakan konflik dalam hal persaingan yang kerap terjadi dalam persaudaraan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan metode deskriptif-analisis. Hasil penelitian ini, fenomena sibling rivalry dalam QS.al-Maidah ayat 27-31 dan Qs.Yusuf ayat 4-5 dan ayat 8-10 terjadi disebabkan oleh timbulnya perasaan iri dan kecemburuan, yang menjadi faktor utama terjadinya konflik dalam hubungan persaudaraan pada kisah Habil Qabil dan Yusuf a.s. Hasil penelitian selanjutnya yaitu dalam QS.al-Maidah ayat 27-31 dan Qs.Yusuf ayat 4-5 dan ayat 8-10 mengandung empat maqa>sid asa>siyah yang digagas oleh Sa’id Nursi yaitu al-Tauhid, al-Nubuwah, al-Hasr, wa al-‘adalah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Habibah, Wasilatulwasilatulhabibah2@gmail.com07020320083
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYardho, Mohmyardho@gmail.com2110068501
Subjects: Sejarah
Tafsir
Keywords: Kisah Habil Qabil; Yusuf A.S; teori maqasid Sa’id Nursi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Wasilatul Habibah
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:04
Last Modified: 11 Jul 2024 08:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71578

Actions (login required)

View Item View Item