القيم الأخلاقية في قصة الأطفال الفيل الأبيض لكامل كيلاني

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Millati, Izdihar Hafidzaty (2024) القيم الأخلاقية في قصة الأطفال الفيل الأبيض لكامل كيلاني. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Izdihar Hafidzaty Millati_03040120086 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 July 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Izdihar Hafidzaty Millati_03040120086.pdf

Download (2MB)

Abstract

Anak merupakan masa depan bangsa oleh karena itu penting untuk anak mendapatkan akses Pendidikan yang baik. Pendidikan formal maupun Pendidikan non formal. Salah satu Pendidikan non formal yang penting ditanamkan sejak dini ialah Pendidikan moral. Pendidikan moral merupakan dasar seorang anak dalam menentukan sikap. Pendidikan moral dapat diajarkan melalui cerita. Nilai menurut Bagus, bermakna sesuatu yang berharga dalam kehidupan manusia dan apa yang dianggap layak di Masyarakat. Moral menurut Jurjani adalah karakter yang diibaratkan seperti jiwa yang bersinar. Ia mudah melakukan kegiatan yang baik. Burhan Nurgiyantoro dalam bukunya yang berjudul “Teori Pengkajian Fiksi” membagi nilai moral kedalam tiga macam: 1) Nilai moral dengan tuhan 2) Nilai moral dengan sesama 3) Nilai moral dengan diri sendiri. Pada penelitian ini penulis menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif merupakan jenis penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan fenomena-fenomena yang ada, baik alam maupun manusia. Kajian ini berfokus pada kualitas, karakteristik, dan keterkaitan kegiatan. Dalam penelitian ini penulis menemukan 1 nilai moral terhadap Allah, 11 nilai moral terhadap sesama, dan 2 nilai moral terhadap diri sendiri. Pesan yang dapat diambil dari cerita anak “Gajah Putih” ialah sesuatu yang menyakitkan tidaklah menyenangkan untuk dikenang, sedang kebaikan akan abadi di dalam hati.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Millati, Izdihar Hafidzatyizdihafidzaty@gmail.com03040120086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhoiroh, Himmatulhimmatulkhoiroh@uinsby.ac.id2022127601
Thesis advisorSodiq, Machfud Muhamadgsseni@yahoo.com2016126903
Subjects: Akhlak
Bahasa Arab
Kesusastraan
Keywords: Nilai moral; Gajah Putih; Kamel Kilani
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Izdihar Hafidzaty Millati
Date Deposited: 11 Jul 2024 07:55
Last Modified: 11 Jul 2024 07:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71585

Actions (login required)

View Item View Item