Penerapan strategi pembelajaran Giving Question and Getting Answers (GQGA) untuk meningkatkan keaktifan siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV MINU Wedoro Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahidah, Nur Hidayatul (2016) Penerapan strategi pembelajaran Giving Question and Getting Answers (GQGA) untuk meningkatkan keaktifan siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV MINU Wedoro Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Hidayatul Wahidah D07212058 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah keaktifan siswa dalam bertanya yang masih pasif pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam bertanya pada mata pelajaran IPA, diambil tindakan pembelajaran melalui strategi pembelajaran Giving Question And Getting Answers (GQGA) yang dilakukan dalam pra siklus, siklus I, dan siklus II. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan Strategi Pembelajaran Giving Question and Getting Answers (GQGA) pada mata pelajaran IPA kelas IV MINU Wedoro Waru Sidoarjo? 2) Bagaimana peningkatan keaktifan siswa dengan penerapan Strategi Pembelajaran Giving Question and Getting Answers (GQGA) pada mata pelajaran IPA kelas IV MINU Wedoro Waru Sidoarjo? Untuk memperoleh hasil penelitian dilakukan dengan Model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model PTK yang digunakan yaitu model Kurt Lewwin yang dalam satu siklus terdiri dari empat komponen, meliputi: Perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah 1) Angket atau kuesioner 2) Observasi 3) Wawancara 4) Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan penerapan Strategi Pembelajaran Giving Question and Getting Answers (GQGA) pada mata pelajaran IPA kelas IV MINU Wedoro Waru Sidoarjo telah dilaksanakan dengan baik. Pada hasil observasi aktivitas guru pra siklus 66,67 (cukup), siklus I sebesar 73,14 (baik) sedangkan siklus II menjadi 83,33 (baik) dan hasil skor observasi aktivitas siswa pra siklus 61,1 (cukup), siklus I sebesar 75 (cukup) sedangkan siklus II 86,11 (sangat baik). 2) Peningkatan keaktifan siswa dengan penerapan Strategi Pembelajaran Giving Question and Getting Answers (GQGA) pada mata pelajaran IPA kelas IV MINU Wedoro Waru Sidoarjo. Nilai Prosentase keaktifan siswa dari prasiklus sebesar 56,25% (siswa aktif dengan nilai tinggi ada 18 dari 32 siswa), siklus I sebesar 75% (siswa aktif dengan nilai tinggi ada 24 dari 32 siswa), siklus II sebesar 90,6% (siswa aktif dengan nilai tinggi ada 29 dari 32 siswa).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahidah, Nur Hidayatulnurhidayatulwahidah@yahoo.comD07212058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRusydiyah, Evi FatimaturUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Strategi pembelajaran Giving Question and Getting Answers (GQGA); peningkatan keaktifan siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Hidayatul Wahidah
Date Deposited: 29 Jun 2016 06:37
Last Modified: 31 Jul 2023 07:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7159

Actions (login required)

View Item View Item