Penerapan Prinsip Good Governance dalam pelayanan publik pada Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Isabella, Aprilia (2024) Penerapan Prinsip Good Governance dalam pelayanan publik pada Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aprilia Isabella_07040420020 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Aprilia Isabella_07040420020 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 July 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi pemerintah desa memberikan pelayanan publik dengan menggunakan prinsip Good Governance yakni prinsip responsivitas, prinsip kesetaraan, dan prinsip berorientasi pada konsensus yang berfokus pada pelayanan sosial seperti kegiatan sosial BLT (Bantuan Tunai Langsung), program pendidikan dan budaya serta program kesehatan, dengan tujuan penelitian untuk mengetahui pelayanan yang diberikan pemerintah desa kepada masyarakat sesuai dengan yang didapatkan oleh masyarakat desa Balun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi penerapan prinsip Good Governance dari pemerintah desa balun kepada masyarakat dengan benar serta dari perspektif masyarakat sebagai penerima pelayanan yang diberikan oleh pemerintah desa benar-benar terealisasikan dengan baik. Pendekatan ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pelayanan publik, teori Good Governance menurut UNDP (United Nations Development Programme) dan teori pemerintahan. Berdasarkan hasil penelitian, pertama, program-program kegiatan telah diimplementasikan oleh pemerintah desa Balun kepada masyarakat Desa Balun seperti kegiatan sosial BLT (Bantuan Langsung Tunai), program pendidikan dan budaya, serta program kesehatan dimana yang disampaikan oleh masyarakat Desa Balun bahwa program-program yang diberikan telah diterima dan sesuai dengan pelayanan yang diberikan dalam prinsip-prinsip Good Governance. Kedua, strategi pemerintah desa mengatasi hambatan dalam memberikan pelayanan publik pada program-program kegiatan merupakan upaya pemerintah Desa Balun untuk meningkatkan rasa kepercayaan masyarakat desa kepada pemerintah desa. Dalam hal ini masyarakat merespon pemerintah desa dalam mengatasi hambatan program-program kegiatan upaya masyarakat percaya dan berharap bahwa pemerintah desa mampu muwujudkan pemerintahan yang baik sesuai dengan prinsip Good Governance.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Isabella, Apriliaisabellaprilia6@gmail.com07040420020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYahya, Khoirulkhoirulyahya@uinsby.sc.id2006027202
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Toleransi
Keywords: Good Governance; Pelayanan Publik; Pemerintah; Program Kegiatan; Strategi.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Politik Islam
Depositing User: Aprilia Isabella
Date Deposited: 21 Jul 2024 04:08
Last Modified: 21 Jul 2024 04:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71597

Actions (login required)

View Item View Item