Agama dan identitas Perempuan: studi terhadap pemakaian cadar di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggraeni, Vitri Yana (2024) Agama dan identitas Perempuan: studi terhadap pemakaian cadar di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vitriyana Anggraeni_07020220049 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Vitriyana Anggraeni_07020220049 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 July 2027.

Download (1MB)

Abstract

Adapun tujuannya adalah Adapun tujuannya adalah menjelaskan sejauh mana perempuan di Surabaya yang mamasang dan melepas cadar memahami arti bercadar bagi seorang muslim, serta alasan bercadar perempuan di Surabaya apakah sebagai identitas agama, sebagai trend, atau yang lainnya. Menjelaskan sejauhmana pemahaman perempuan di Surabaya yang pasang lepas cadar terhadap cadar agar kami akan bisa menjelaskan sejauh mana mereka memahami arti bercadar bagi seorang muslim serta mengetahui makna dan alasan mengenai cadar bagi perempuan di Surabaya yang pasang lepas cadar agar kami bisa menjelaskan tentang alasan bercadar bagi mereka sehingga bisa mengetahui apakah cadar itu sebagai identitas agama, sebagai tren, atau yang lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis sebagai metodenya, pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai penguat data. Peneliti juga menggunakan sumber data lainnya dari jurnal, dan artikel dengan judul yang terkait dengan penelitian ini. Temuan dari penelitian ini adalah pemahaman perempuan di Surabaya yang pasang lepas cadar dan alasan perempuan di Surabaya yang pasang lepas cadar. Dengan batasan penelitian dititikberatkan pada perempuan muslimah bercadar di Surabaya. Kehidupan lampau, lingkungan sosial, pendidikan, serta pengalaman yang dilalui oleh narasumber menjadi kunci analisis penelitian. Informasi-informasi tersebut kemudian dianalisis melalui teori psikologi keagamaan manusia oleh W.H. Thomas dalam teori fakulti beserta sumber kejiwaannya. Sehingga dari analisis penelitian ini akan diketahui mengapa perempuan muslimah bercadar di Surabaya memilih keputusannya berdasarkan sudut pandang psikologi agama teori fakulti W.H.Thomas. Sebagai pakaian perempuan, cadar dipahami dengan beragam, sebagai tren, identitas, atau lain sebagainya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggraeni, Vitri YanaVyana450@gmail.com07020220049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBasyir, Kunawikunawi@uinsa.ac.id2018096401
Subjects: Budaya - Agama
Gender
Islam
Keywords: Cadar; Identitas; Perempuan; dan Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Vitri Yana Anggraeni
Date Deposited: 13 Jul 2024 17:57
Last Modified: 13 Jul 2024 17:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71621

Actions (login required)

View Item View Item