تحليل تطبيق تعليم التمايز في المنهج المرديكا في تعليم اللغة العربية بالمدرسة الثانوية الحكومية ١ سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nikmah, Zahrotun (2024) تحليل تطبيق تعليم التمايز في المنهج المرديكا في تعليم اللغة العربية بالمدرسة الثانوية الحكومية ١ سورابايا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zahrotun Nikmah_06030220067 OK.pdf

Download (547kB)
[img] Text
Zahrotun Nikmah_06030220067 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 July 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana rencana pembelajaran berbasis diferensiasi dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran bahasa arab, Untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran berbasis diferensiasi dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran bahasa arab, Untuk mengetahui problematika dalam implementasi pembelajaran berbasis diferensiasi dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran bahasa arab dan bagaimana solusinya di MTSN 1 surabaya.Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menjelaskan implementasi pembelajaran diferensiasi pada kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Arab di MTsN 1 Surabaya. Populasi penelitian meliputi siswa kelas 7 tahun ajaran 2023-2024, dengan pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta mengikuti model analisis data lapangan Miles dan Huberman. Analisis data melibatkan reduksi dan penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah implementasi pembelajaran berbasis diferensiasi dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran bahasa arab kelas 7 (D) di MTsN 1 Surabaya sudah berjalan sesuai dengan rencana pembelajaran yang dibuat, tetapi dalam pembelajaran yang dilaksanakan tidak bervariasi sesuai kebutuhan siswa. Hal ini disebabkan beberapa problem, salah satunya adalah pemahaman yang kurang terkait pembelajaran berbasis diferensiasi pada guru. Sehingga dalam implementasi pembelajaran berbasis diferensiasi tidak berjalan lancar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nikmah, Zahrotunniizahro2@gmail.com06030220067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuflihah, Muflihahmuflihah@uinsby.ac.id2012067602
Thesis advisorSyafii, Syafiisyafii@uinsby.ac.id2018107002
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pembelajaran Diferensiasi; Kurikulum Merdeka; Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Zahrotun Nikmah
Date Deposited: 21 Jul 2024 02:27
Last Modified: 21 Jul 2024 02:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71644

Actions (login required)

View Item View Item