Kontekstualisasi ayat-ayat politik dalam alqur'an terhadap fenomena politisasi agama

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amaliyah, Iftita (2024) Kontekstualisasi ayat-ayat politik dalam alqur'an terhadap fenomena politisasi agama. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Iftita Amaliyah _07020320044 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Iftita Amaliyah _07020320044 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 July 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena di era modern ini masih banyak mayoritas dari para politisi melakukan politisasi agama yang berlebihan yakni menjadikan agama sebagai dagangan suatu politik Maka, dalam konteks tersebut kontekstualisasi ayat-ayat politik sangat dibutuhkan untuk mendapatkan makna yang lebih lengkap dan akurat. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penafsiran ulama atas ayat-ayat politik terhadap fenomena politisasi agama, 2) Bagaimana kontekstualisasi ayat-ayat politik terhadap fenomena politisasi agama di zaman sekarang. Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini bersifat kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk mendapatkan hasil penelitian yang mendalam. Penelitian ini memperoleh dua hasil. 1) Beberapa mufassir sepakat bahwa dalam sistem politik dibutuhkan seorang pemimpin untuk dapat mengarahkan kepada kehidupan yang sejahtera dan makmur. Namun, menjadi pemimpin bukanlah sebuah tugas yang mudah untuk dilakukan karena mempunyai tanggung jawab besar terhadap rakyatnya. Pemimpin harus dapat berlaku adil terhadap seluruh rakyatnya tanpa pandang bulu. 2) Dari hasil analisis terhadap ayat-ayat politik di atas terdapat beberapa pokok yang dapat dikontekstualisasikan yakni bahwa peran dari pemimpin dan masyarakat sangat dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan demikian, keterkaitan antara seorang pemimpin dengan fenomena politisasi agama sangat erat karena pemimpin politik sering kali memanfaatkan agama untuk memperoleh dukungan politik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amaliyah, Iftitaiftitaamaliyah@gmail.com07020320044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBilla, Mutamakkinmbilla@gmail.com--
Subjects: Al Qur'an > Asbabun Nuzul
Politik > Politik Islam
Keywords: Kontekstualisasi; ayat-ayat politik; politisasi agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Iftita Amaliyah
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:11
Last Modified: 15 Jul 2024 02:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71653

Actions (login required)

View Item View Item