Pengaruh kombinasi karagenan rumput laut (Eucheuma spinosum) dan CMC (Carboxyl Methyl Cellulose) pada variasi pembuatan gel pengharum ruangan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khasanah, Fara Dhifa Ulfi Uswatun (2024) Pengaruh kombinasi karagenan rumput laut (Eucheuma spinosum) dan CMC (Carboxyl Methyl Cellulose) pada variasi pembuatan gel pengharum ruangan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fara Dhifa Ulfi Uswatun Khasanah_09010420006.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Fara Dhifa Ulfi Uswatun Khasanah_09010420006_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 July 2027.

Download (3MB)

Abstract

Rumput laut merupakan salah satu kekayaan alam yang sangat melimpah di perairan Indonesia. Eucheuma spinosum adalah salah satu rumput laut yang memiliki banyak manfaat terutama untuk karagenan. Pengharum ruangan merupakan suatu produk yang dapat melepaskan bahan-bahan volatilnya sehingga dapat mengharumkan ruangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik gel pengharum ruangan dari karagenan rumput laut (Eucheuma spinosum) dan CMC, serta menganalisis pengaruh kombinasi karagenan rumput laut Eucheuma spinosum dan CMC pada sediaan gel pengharum ruangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimental laboratorium. Parameter yang diamati meliputi uji organoleptik, uji suhu, uji kadar air dan uji kadar abu. Hasil penelitian menunjukkan formula basis gel terbaik adalah formula (F4) dengan bahan karagenan dan CMC yang memiliki memiliki tekstur gel yang kenyal (semi padat), elastis, tidak berair dan tidak mudah patah, serta memiliki warna krem cerah dan memiliki aroma kelapa paling kuat, uji suhu diperoleh bahwa kekuatan wangi, tekstur dan warna bertahan hingga 1 bulan yang dibuktikan oleh penilaian para panelis, serta memiliki nilai kadar air terendah 54% dan nilai kadar abu terendah 5,71%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh formulasi basis gel pengharum ruangan dari karagenan dan CMC pada setiap sediaan gel pengharum ruangan, berpengaruh nyata terhadap sifat fisik dan sifat kimia dari setiap nilai yang dihasilkan. Tingkat konsentrasi KOH 10% yang digunakan sebagai perendaman rumput laut yang dijadikan karagenan berpengaruh nyata terhadap kualitas gel pengharum ruangan yang dihasilkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khasanah, Fara Dhifa Ulfi Uswatunfaradhifa6@gmail.com09010420006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaisaroh, Dian Sarimaisaroh.ds@uinsby.ac.id2024088903
Thesis advisorSawiji, Asrisawiji.asri@uinsby.ac.id2026068701
Subjects: Industri RumahTangga
Ilmu Kelautan
Pendidikan > Penelitian
Penelitian
Keywords: Rumput laut; eucheuma spinosum; CMC; KOH; gel pengharum ruangan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Fara Dhifa
Date Deposited: 15 Jul 2024 03:34
Last Modified: 15 Jul 2024 03:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71710

Actions (login required)

View Item View Item