Analisis kaidah fikih تصرّف الإمام على الرّعيّة منوط بالمصلحة terkait tindakan kiai terhadap santri menjelang pilpres 2024

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anjaresa, Imelia Ajeng (2024) Analisis kaidah fikih تصرّف الإمام على الرّعيّة منوط بالمصلحة terkait tindakan kiai terhadap santri menjelang pilpres 2024. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imelia Ajeng Anjaresa_07020420007 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 August 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Imelia Ajeng Anjaresa_07020420007.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang tindakan kiai terhadap santri menjelang pemilihan presiden 2024, yang kemudian dari tindakan tersebut dianalisis menggunakan salah satu kaidah fiqih yaitu Taṣarruf al-Imam ʽAlā al-Raʽiyyah Manūṭun Bi al-Maṣlahah. Penelitian ini dilakukan atas dasar observasi yang telah dilakukan oleh penulis dan menemukan fenomena terkait tindakan kiai terhadap santrinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Teori yang digunakan yaitu teori maslahah dari segi hujjah dan segi kesesuaian dengan akal dan syariat. Adapun analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini ditemukan adanya tindakan dari kiai yaitu melakukan dan memperbolehkan kampanye masuk ke dalam lingkungan pesantren, dan juga ada pemberian serta penerimaan barang maupun jasa dari calon legislatif maupun tim sukses partai dan presiden. Namun meskipun pemberian dan penerimaan data tersebut dimasa pemilu akan tetapi akad pada saat pemberian dan penerimaan adalah menggunakan akad hibah sehingga tidak sampai terjadi adanya money politic. Penelitian ini memberikan wawasan mendalam terkait kondisi lingkungan pesantren dimasa pemilu, dan juga penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang penggunaan teori maslahah pada konteks politik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anjaresa, Imelia Ajengimeliaajeng27@gmail.com07020420007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAl Amin, Ainur Rofiqar.alamin1972@gmail.com2025067201
Subjects: Demokrasi Islam
Ideologi Politik
Pesantren
Keywords: Pemilihan Presiden; tindakan kiai; mashlahah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Politik Islam
Depositing User: imelia ajeng
Date Deposited: 30 Aug 2024 03:49
Last Modified: 30 Aug 2024 03:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71724

Actions (login required)

View Item View Item