Pro-kontra ucapan selamat natal bagi muslim:studi penafsiran Kementerian Agama RI dalam Kitab al-Qur'an dan tafsirnya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmatullah, Abdul Khobir (2024) Pro-kontra ucapan selamat natal bagi muslim:studi penafsiran Kementerian Agama RI dalam Kitab al-Qur'an dan tafsirnya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdul Khobir Rahmatullah__E73219040 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 July 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Abdul Khobir Rahmatullah__E73219040.pdf

Download (2MB)

Abstract

Umat Muslim dan Kristen sering bertukar suka dan duka, saling mengucapkan selamat, dan menghadiri acara keagamaan masing-masing. Ada perbedaan pendapat di kalangan ulama tentang kebolehan mengucapkan selamat Natal bagi umat Muslim. Kementerian Agama (Kemenag) hadir untuk menengahi perbedaan ini dengan menganalisis ayat-ayat Al-Qur’an yang digunakan sebagai dalil pro-kontra dalam karyanya "Kitab Al-Qur’an dan Tafsirnya." Penelitian ini mempelajari dua hal: 1) Penafsiran ayat-ayat yang mendukung ucapan selamat Natal dalam Kitab Al-Qur’an dan Tafsirnya karya Kemenag RI. 2) Penafsiran ayat-ayat yang menentang ucapan selamat Natal dalam Kitab Al-Qur’an dan Tafsirnya karya Kemenag RI. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis tafsir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ayat-ayat yang mendukung, seperti Al-Nisa’ ayat 86 dan Al-Mumtahanah ayat 8-9, membolehkan umat Muslim memberikan penghormatan, tolong-menolong, dan berteman dengan orang kafir selama mereka juga menghormati dan tidak memusuhi Muslim. 2) Ayat-ayat yang menentang, seperti Al-Furqan:72 dan Al-Hajj:67, menekankan bahwa umat Muslim tidak boleh mengucapkan sumpah palsu dan harus mengajak non-Muslim kepada jalan Allah. Kemenag menyimpulkan bahwa Muslim yang tidak berhubungan sosial dengan non-Muslim tidak harus mengucapkan selamat Natal, namun bagi yang sering berinteraksi dengan non-Muslim, sebaiknya mengucapkan dengan hati-hati dalam niatnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmatullah, Abdul Khobirmanofrahmat@gmail.comE73219040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPurwanto, Purwantojalamakna@gmail.com2017047802
Subjects: Al Qur'an
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Pro-kontra; ucapan selamat natal; muslim; penafsiran Kementerian Agama RI; al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Abdul Khobir Rahmatullah
Date Deposited: 15 Jul 2024 05:04
Last Modified: 15 Jul 2024 05:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71726

Actions (login required)

View Item View Item