Nilai sufistik dalam bangunan Masjid Induk Pondok Pesantren Darul 'Ulum Rejoso Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohman, Derry Miftakhur (2024) Nilai sufistik dalam bangunan Masjid Induk Pondok Pesantren Darul 'Ulum Rejoso Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Derry Miftakhur Rohman_E97219064 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 July 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Derry Miftakhur Rohman_E97219064 OK.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji terkait Nilai Sufistik yang terkandung dalam struktur Masjid Induk Pondok Pesantren Darul 'Ulum Peterongan. Penelitian ini dilandasi oleh terbatasnya pemahaman masyarakat yang khususnya alumni Pondok Pesantren Darul ‘Ulum terhadap latar belakang sejarah masjid tersebut. Masjid ini mempunyai arti penting sebagai tempat ibadah utama para santri di Pondok Pesantren Darul 'Ulum. Dengan demikian, skripsi ini bermaksud guna memperkaya pemahaman masyarakat dan santri terkait latar belakang sejarah berdirinya Masjid Induk di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum yang terletak di Rejoso Peterongan, Jombang. Dalam skripsi ini menerangkan terkait Sejarah Masjid Induk Darul ‘Ulum Rejoso dan beserta nilai Sufistik yang terdapat dalam tiap bangunan arsitektur. Nilai Sufistik adalah pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip yang mendasari ajaran sufi dan bagaimana ajaran-ajaran tersebut dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai sufistik tidak hanya terbatas pada praktik-praktik spiritual, tetapi juga mencakup aspek-aspek moral, etika, dan filosofis yang membentuk karakter individu yang mengamalkan ajaran-ajaran tersebut. Sehingga kajian ini menemukan tentang Nilai Sufistik dari Bangunan Masjid Induk PPDU

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohman, Derry Miftakhurderrybaladewa@gmail.comE97219064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYazid, Syaifullohkenzie102013@gmail.com20207906
Subjects: Filsafat > Filsafat Islam
Psikologi Islam
Tehnik Industri
Keywords: Nilai sufistik; masjid; arsitektur
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Derry Mifta
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:49
Last Modified: 15 Jul 2024 02:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71737

Actions (login required)

View Item View Item