Penerapan pembelajaran berdiferensiasi menggunakan Aplikasi TikTok untuk meningkatkan pemahaman Matematika siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rita, Normala Sari (2024) Penerapan pembelajaran berdiferensiasi menggunakan Aplikasi TikTok untuk meningkatkan pemahaman Matematika siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rita Normala Sari _06040420069 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 July 2027.

Download (5MB)
[img] Text
Rita Normala Sari _06040420069 OK.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran, aktivitas siswa selama penerapan pembelajaran berdiferensiasi menggunakan aplikasi TikTok, respons siswa terhadap penerapan pembelajaran berdiferensiasi dan mengetahui peningkatan pemahaman matematika siswa setelah diterapkannya pembelajaran berdiferensiasi menggunakan aplikasi TikTok.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu atau biasa disebut Quasi Eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan desain penelitian one group pre-test post-test. Subyek penelitian pada penelitian ini adalah kelas X MIA MA Darussalam Ketandan Madiun yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi kemampuan guru menerapkan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, lembar tes kemampuan pemahaman matematika siswa, dan lembar angket respons siswa. Teknik analisis data yang digunakan uji normalitas, Uji Wilcoxon, uji N-Gain ternormalisasi
Berdasarkan analisis data yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1) Kegiatan observasi kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi menggunakan aplikasi tiktok untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa termasuk dalam kategori baik. 2) Aktivitas siswa selama proses pembelajaran termasuk dalam aktivitas positif. 3) Respons siswa terhadap penerapan pembelajaran berdiferensiasi menggunakan aplikasi TikTok untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa termasuk dalam kriteria baik. 4) Kemampuan pemahaman matematika siswa mengalami peningkatan sedang.
Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Aplikasi TikTok, Pemahaman Matematika Siswa

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rita, Normala Sariritanormalasari25@gmail.com06040420069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDLisanul, Uswah Sadiedalisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
UNSPECIFIEDSuparto, Supartoparto2469@gmail.com2002046903
Subjects: Matematika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rita Normala Sari
Date Deposited: 15 Jul 2024 04:20
Last Modified: 15 Jul 2024 04:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71752

Actions (login required)

View Item View Item