Rasionalitas manusia modern dalam mencapai makna eksistensi Tuhan: analisis pemikiran Agus Mustofa dalam buku serial tasawuf modern perspektif wahdatul wujud Ibnu ‘Arabi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Zaiban, Muthawally (2024) Rasionalitas manusia modern dalam mencapai makna eksistensi Tuhan: analisis pemikiran Agus Mustofa dalam buku serial tasawuf modern perspektif wahdatul wujud Ibnu ‘Arabi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muthawally Al Zaiban_07040120083.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Muthawally Al Zaiban_07040120083_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 July 2027.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini memiliki dua permasalahan utama yakni yang pertama, tentang bagaimana konsep rasionalitas manusia modern (Agus Mustofa) dalam menemukan eksistensi Tuhan, dan yang kedua tentang sejauh mana peran rasionalitas manusia modern dalam menggapai makna eksistensi Tuhan dengan pendekatan modernnya. Adapun metodologi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan library research dengan meliputi dua sumber data, yakni sumber data primer dari buku-bukunya Agus Mustofa dan sumber data sekunder dari buku, jurnal, serta karya ilmiah lainya yang berkaitan dengan eksistensi Tuhan yang dijelaskan dalam bentuk jenis penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan pendekatan teori wahdatul wujud Ibnu ‘Arabi sebagai pisau analisis. Adapun hasil penelitian ini menemukan bahwa Pemikiran Agus Mustofa mampu memberikan argumen dengan konsep modern yang berbasis data dan fakta dari ilmu sains untuk menunjukkan eksistensi Tuhan serta menjangkau pemahaman yang lebih kredibel dan komprehensif terkait problematika ketuhanan bahkan terindikasi pula perbandingan argumentasi antara Agus Mustofa dan Ibnu ‘Arabi serta para filosof sebelumnya. sebagai pemikir modern lewat buku-bukunya mencoba memaparkan fakta dan data yang ditemukan berdasarkan hasil penelitian baik dalam bidang fisika, kimia, kosmologi, dan ilmu pasti lainnya yang mengungkap rahasia dibalik misteri alam. Pendekatan yang digunakan bersifat aktual dengan menyempurnakan pendekatan dari para pemikir pendahulunya secara komprehensif, dengan demikian argumen yang dihasilkan pun berbeda, yang pada akhirnya menunjukkan bahwa perbedaan konsep dan argumen antara pemikir dahulu dan sekarang hanyalah tentang kompleksitas fakta dan data serta teori yang lebih aktual dari temuan para ilmuwan dengan teknologi yang canggih dalam membuktikan eksistensi Tuhan. Tujuan dan rekomendasi dalam skripsi ini masih membahas tentang masalah yang berkaitan dengan konsep dan metode akal manusia dalam menemukan eksistensi Tuhan sesuai dengan perkembangan zaman dalam sudut pandang theisme, perkembangan akal dan zaman akan selalu memiliki kebaharuan, maka dari itu sebuah harapan yang peneliti gantungkan kepada para pembaca untuk dapat melanjutkan penelitian tentang eksistensi Tuhan dari segi antitesa terhadap konsep dan argumen rasio dari golongan atheisme maupun agnostisisme terhadap sudut pandangnya dalam mengungkap makna eksistensi Tuhan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Zaiban, Muthawallymuthawally49@gmail.com07040120083
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuhermanto, Suhermantosuhermanto.jafar@gmail.com2020086701
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Filsafat > Filsafat Islam
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Rasionalitas; eksistensi Tuhan; sains; filsafat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Muthawally Al Zaiban
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:09
Last Modified: 16 Jul 2024 03:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71775

Actions (login required)

View Item View Item