Analisis pola asuh orang tua pada anak dalam Reality Show "The Return of Superman"

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Salsabila Zukhrufil (2024) Analisis pola asuh orang tua pada anak dalam Reality Show "The Return of Superman". Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Salsabila Zukhrufil Jannah_06020920035 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Salsabila Zukhrufil Jannah_06020920035 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 July 2027.

Download (3MB)

Abstract

Pola asuh berdampak pada perkembangan mental dan fisik anak melalui tindakan, kendali, dan perhatian ibu dan ayah. Pola asuh ialah contoh bentuk orang tua menuntun, mengasuh, dan membantu buah hati berkembang secara mandiri. Karena masa kanak-kanak merupakan masa formatif, pendekatan pengasuhan ini juga dapat mempengaruhi karakter dan temperamen anak-anak. Hal ini menunjukkan bahwa cara orang tua menangani anak kecilnya akan berdampak signifikan terhadap perkembangan moral dan sosial mereka selanjutnya. Perubahan inilah yang kemudian akan membentuk watak, sifat, juga sikap seorang buah hati. Para orang tua bisa menonton reality show the return of superman sebagai sarana pembelajaran dan hiburan, di sana terdapat banyak tips dan informasi yang berguna. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pola asuh yang diterapkan orang tua dalam reality show the return of superman dan mengetahui nilai-nilai karakter yang terkandung dalam penerapan pola asuh orang tua pada reality show the return of superman. Penelitian ini disusun dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, khususnya penelitian kepustakaan (library research) tentang Analisis Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Dalam Reality Show The Return of Superman. Penelitian kualitatif, sebagai suatu bentuk khusus, berupaya memahami realitas melalui jalur penalaran induktif. Peneliti berpartisipasi aktif dalam konteks dan lingkungan fenomena yang diteliti. Sumber data yang digunakan penelitian ini berupa sumber data primer (reality show the return of superman) dan sumber data sekunder berupa buku dan jurnal. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dari reality show the return of superman. Adapun teknik yang digunakan untuk melihat keabsahan data menggunakan teknik peningkatan ketekunan dalam penelitian.Hasil dari penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa terdapat dua pola asuh orang tua yang diterapkan dalam reality show the return of superman yaitu pola asuh otoriter dan pola asuh demokratis. Adapun nilai moral yang terkandung dalam reality show the return of superman adalah disiplin, mandiri, komunikatif, demokratis, dan tanggung jawab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Salsabila Zukhrufilsalfaakbar@gmail.com06020920035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFarisia, Hernikhernikfarisia@uinsby.ac.id2008088301
Thesis advisorErfansyah, Nasrul Fuaderfansyah@uinsby.ac.id2128058301
Subjects: Orang tua dan Anak
Keywords: Pola Asuh Orang Tua; Reality Show
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Salsabila Zukhrufil Jannah
Date Deposited: 16 Jul 2024 04:21
Last Modified: 16 Jul 2024 04:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71796

Actions (login required)

View Item View Item