Efektivitas model pembelajaran poe (predict-observe-explain) berbantuan modul interaktif augmented reality terhadap keterampilan proses sains siswa materi bumi dan tata surya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afy, Rozana Febriya (2024) Efektivitas model pembelajaran poe (predict-observe-explain) berbantuan modul interaktif augmented reality terhadap keterampilan proses sains siswa materi bumi dan tata surya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rozana Febriya Afy_06021020021 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Rozana Febriya Afy_06021020021 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 July 2027.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang kurang meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas VII di SMPN 1 Waru. Hal ini disebabkan model pembelajaran yang diterapkan konvensional dan masih berpusat pada guru (teacher center) dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Small Group Discussion pada pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pengajaran yang diterapkan dalam hal mengelaborasi materi pembelajaran digital seperti animasi, aplikasi dan multimedia interaktif lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran POE (predict-observe-explain) berbantuan modul interaktif augmented reality untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa materi bumi dan tata surya. Penelitian ini menggunakan pretest posttest control group design. Desain penelitian menggunakan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kontrol. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Waru Tahun Ajaran 2023/2024. Sampel penelitian ini terdiri dari kelas VIIF sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIH sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui tes, observasi, dan angket. Data penelitian dianalisis menggunakan uji Mann Whiteney dan N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan model POE berbantuan modul interaktif AR yang dilakukan siswa dapat dikatakan efektif N-Gain score pada kelas eksperimen lebih besar sebesar 0,7125 sementara pada kelas kontrol sebesar 0,3326. Nilai rata-rata yang dimana hasil post-test pada kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 88 dibanding kelas kontrol sebesar 72. Keterlaksanaan model POE pada kelas eksperimen memperoleh skor 41 dengan kategori sangat baik. Hasil angket respon siswa pada model pembelajaran POE memiliki respon sangat baik dengan nilai rata-rata persentase 82,41%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afy, Rozana Febriya06021020021@student.uinsby.ac.id06021020021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorInayah, Naililnailil.inayah@uinsby.ac.id2020068902
Thesis advisorJariyah, Ita Ainunita.ainun@uinsby.ac.id0705128601
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Model pembelajaran (Predict-Observe-Explain) POE; Keterampilan proses sains; Modul Interkatif AR
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Rozana Febriya Afy
Date Deposited: 16 Jul 2024 06:13
Last Modified: 16 Jul 2024 06:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71803

Actions (login required)

View Item View Item