مشكلات المعلم في إعداد أدوات تعليم اللغة العربية للفصل العاشر بمنهج مرديكا في المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية ١ ماديون

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Risma Nur (2024) مشكلات المعلم في إعداد أدوات تعليم اللغة العربية للفصل العاشر بمنهج مرديكا في المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية ١ ماديون. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Risma Nur Azizah_06020220055.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Risma Nur Azizah_06020220055_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 July 2027.

Download (3MB)

Abstract

Peneliti membahas tentang “Problematika Penyusunan Perangkat Pembelajaran Bahasa Arab Kelas X Kurikulum Merdeka di MAN 01 Madiun”. Adapun tujuan penelitian sebagai berikut: 1- Mengetahui penyusunan perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka di MAN 01 Madiun; 2- Mengetahui langkah-langkah guru dalam menyusun perangkat pembelajaran Bahasa Arab Kelas X Kurikulum Merdeka di MAN 01 Madiun; 3- Mengetahui masalah guru dalam menyusun perangkat pembelajaran Bahasa Arab Kelas X Kurikulum Merdeka di MAN 01 Madiun; 4- Mengetahui solusi atas masalah guru dalam menyusun perangkat pembelajaran Bahasa Arab Kelas X Kurikulum Merdeka di MAN 01 Madiun. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Penyusunan perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka di MAN 01 Madiun sudah dilakukan sesuai dengan pedoman dari pemerintah. Namun, guru memiliki kebebasan untuk mengembangkan perangkat kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan kondisi lingkungan; (2) Problematika guru dalam penyusunan perangkat pembelajaran Bahasa Arab kelas X Kurikulum Merdeka adalah kurangnya pemahaman guru tentang Kurikulum Merdeka. Problematika yang kedua adalah penyusunan modul ajar dalam pembelajaran diferensiasi yang kurang sesuai dengan kebutuhan, kemampuan, dan psikologis peserta didik; (3) Solusi atas problematika guru dalam penyusunan perangkat pembelajaran Bahasa Arab kelas X Kurikulum Merdeka adalah guru mengikuti sosialisasi, pelatihan, atau workshop untuk menambah wawasan dan mengasah pengembangan kemampuan tentang Kurikulum Merdeka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Risma Nur06020220055@student.uinsby.ac.id06020220055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHanifah, Umiumihanifah@uinsby.ac.id2028097802
Thesis advisorSyafi'i, Syafi'isyafii2121@gmail.com2018107002
Subjects: Bahasa Arab
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Problematika; perangkat pembelajaran; kurikulum merdeka
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Risma Azizah
Date Deposited: 18 Jul 2024 03:05
Last Modified: 18 Jul 2024 03:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71827

Actions (login required)

View Item View Item