PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF HADIS NABI SAW

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Channa AW, Liliek (2013) PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF HADIS NABI SAW. Penelitian Individu.

[img]
Preview
Text
Eks. SUmmary- Hadits-kraktr Dra. Liliek Channa AW., M.Ag.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Memahami formulasi konsep pendidikan karakter dalam hadis-hadis Nabi SAW melalui telaah pemahaman secara tekstual dan kontekstual; 2. Mengungkap relevansi hadis-hadis Nabi SAW dalam perspektif pendidikan karakter masa sekarang. Permasalahan yang ada dijawab melalui penelitian kepustakaan (library research). Data-data dikumpulkan dari berbagai referensi; baik primer, sekunder, maupun data pendukung. Data-data yang ada dianalisis dengan pendekatan hermeneutik dengan cara content analysis (analisis isi). Hasi penelitian menunjukkan: 1. Hadis-hadis yang diangkat dalam penelitian ini mengandung karakter atau perilaku manusia terhadap Tuhan, diri sendiri, sesama manusia, dan lingkungannya. Beberapa konsep pendidikan karakter yang dapat diungkap dari hadis-hadis Rasulullah SAW tersebut adalah: Pertama, bahwa penanaman nilai-nilai karakter itu harus dilandasi dengan sebuah pengetahuan. Nilai-nilai karakter harus diperkenalkan terlebih dahulu kepada peserta didik sebelum nilai-nilai tersebut ditanamkan kepadanya. Kedua, penanaman nilai-nilai karakter itu harus dilakukan secara bertahap. Sebagai pendidik, Rasulullah SAW tidak pernah menuntut kepada ummatnya untuk memahami ajarannya dengan cepat. Ketiga, Rasulullah memiliki karakter kepedulian kepada anak, perempuan, dan sesama manusia. 2. Konsep pendidikan karakter yang dilakukan Rasulullah kepada para sahabat dan umatnya melalui hadits-haditsnya sejalan dengan teori-teori pendidikan karakter yang dikemukakan para ilmuwan masa sekarang. Sebagai pendidik Rasulullah SAW mendidik ummatnya dengan kepribadian yang luhur. Materi yang beliau ajarkan senantiasa selaras dengan akhlaq yang beliau tampilkan. Beberapa metode pendidikan yang diterapkan Rasulullah Muhammad SAW sejalan dengan metode pendidikan karakter pada umumnya, yakni: metode pembiasaan, keteladanan, nasihat, penanaman rasa ingin tahu, menampilkan prilaku yang luhur, dan sejenisnya

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmailNIM
Channa AW, Lilieklilikchanna@gmail.com2018126701
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIED., .UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Hadis Nabi; Karakter Cinta Tuhan; Diri Sendiri dan Sesama
Divisions: Karya Ilmiah > Laporan Penelitian
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Jun 2016 03:41
Last Modified: 29 Aug 2021 18:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7183

Actions (login required)

View Item View Item