Identifikasi bakteri endofit pada mentha spicata menggunakan gen 16s rrna serta uji antibakteri terhadap staphylococcus aureus

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tito, Danish Dhiyaulhaq Putra (2024) Identifikasi bakteri endofit pada mentha spicata menggunakan gen 16s rrna serta uji antibakteri terhadap staphylococcus aureus. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Danish Dhiyaulhaq Putra Tito_09020120027 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Danish Dhiyaulhaq Putra Tito_09020120027 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penyakit yang disebabkan infeksi mikroorganisme sangat umum terjadi dan disebabkan oleh tiga faktor. Staphylococcus aureus merupakan bakteri patogen yang umum ditemukan dan menyebabkan banyak penyakit. Mentha spicata dan bakteri endofit memiliki potensi sebagai antibakteri untuk melawan Staphylococcus aureus. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bakteri endofit pada tanaman Mentha spicata menggunakan gen 16s rRNA serta melakukan uji antibakteri terhadap Staphylococcus aureus. Prosedur penelitian ini meliputi pengambilan sampel tanaman Mentha spicata, isolasi bakteri endofit, identifikasi bakteri secara makroskopis, mikroskopis dan molekuler, isolasi DNA, dan analisis gen 16s rRNA menggunakan Polymerase Chain Reaction, elektroforesis, sekuensing, dan uji antibakteri. Penelitian menunjukkan bahwa bakteri endofit dominan pada identifikasi makro dan mikro Mentha spicata adalah jenis bakteri Pseudomonas sp. dan Bacillus sp. Jenis bakteri Pseudomonas aeruginosa dan Bacillus subtilis ditemukan pada saat melakukan sekuensing dan BLAST. Uji antibakteri terhadap Staphylococcus aureus menggunakan ekstrak daun Mentha spicata dan bakteri endofit menunjukkan adanya aktivitas antibakteri yang signifikan. Hasil ini berpotensi untuk dikembangkan sebagai antibiotik alami yang tidak resisten terhadap bakteri Staphylococcus aureus, sehingga dapat membantu mengatasi masalah resistensi antibiotik yang semakin meningkat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tito, Danish Dhiyaulhaq Putra09020120027@student.uinsby.ac.id09020120027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHadi, Moch. Irfanm_i_h@uinsby.ac.id0824048601
Thesis advisorRachmawati, Yuanitayuanitarhartono@gmail.com2019088803
Subjects: Biologi
Keywords: Mentha spicata; Polymerase Chain Reaction; Staphylococcus aureus; sekuensing; Uji antibakteri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Danish Dhiyaulhaq Putra Tito
Date Deposited: 17 Jul 2024 02:56
Last Modified: 17 Jul 2024 02:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71847

Actions (login required)

View Item View Item