Strategi marketing hubungan masyarakat dalam membangun brand image di SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Bahjah, Zahin Rafsanjani (2024) Strategi marketing hubungan masyarakat dalam membangun brand image di SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zahin Rafsanjani Al Bahjah_06030320063 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Zahin Rafsanjani Al Bahjah_06030320063 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 July 2027.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menjawab fokus permasalahan yang diteliti, yaitu: (1) Bagaimana strategi marketing hubungan masyarakat di Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya; (2) Bagaimana cara membangun brand image di Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya; (3) Bagaimana strategi marketing hubungan masyarakat dalam membangun brand image di Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya; (4) Apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung strategi marketing hubungan masyarakat (humas) dalam membangun brand image di Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya; (5) Bagaimana dampak dari strategi marketing hubungan masyarakat (humas) dalam membangun brand image di Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian hubungan Masyarakat, 3 tenaga pendidik dan 3 wali murid. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi marketing hubungan masyarakat di Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya dilakukan dengan cara mengenalkan institusi Pendidikan kepada Masyarakat luas, mengedukasi Masyarakat terkait keunggulan lembaga, menjaga kredibilitas dan mutu lembaga, serta terus meningkatkan pelayanan; (2) Cara membangun brand image di Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya yakni menjaga mutu lembaga (kompetensi guru yang baik dan kualitas lulusan yang kompetitif), memberikan jasa yang baik terhadap Masyarakat, menjaga kedisiplinan peserta didik; (3) strategi marketing hubungan masyarakat dalam membangun brand image di Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya dilakukan dengan cara membangun tim khusus Humas, Kerjasama dengan pihak luar, publikasi berbagai keunggulan lembaga, dan terus memperhatikan kebutuhan peserta didik serta walimurid; (4) Faktor pendukung strategi marketing hubungan masyarakat (humas) dalam membangun brand image di Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya adalah komunikasi efektif dan terbuka serta melibatkan Masyarakat di setiap kegiatan lembaga sedangkan faktor penghambatnya adalah ketidaksesuaian rencana, kurangnya ketanggapan tim khusus Humas, dan mis-komunikasi dengan pihak eksternal; (5) Dampak dari strategi marketing hubungan masyarakat (humas) dalam membangun brand image di Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya adalah terbangunnya kepercayaan masyarakat terhadap sekolah, menciptakan kepercayaan, loyalitas pelanggan, dan daya tarik yang kuat, menghasilkan output yang mampu bersaing dengan lembaga lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Bahjah, Zahin Rafsanjanizahinrafsanjani500@gmail.com06030320063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhlishah AM, Mukhlishahmukhlishah.bki@gmail.com2005056801
Thesis advisorSholihah, Ni'matusnickssholihah@yahoo.com2002087303
Subjects: Hubungan Masyarakat
Manajemen Pendidikan
Keywords: Strategi marketing; hubungan masyarakat; brand image.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Zahin Rafsanjani Al Bahjah
Date Deposited: 18 Jul 2024 01:34
Last Modified: 18 Jul 2024 01:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71862

Actions (login required)

View Item View Item