التحليل البنيوي في مسرحية "التوراة الضائعة" لعلي أحمد باكثير (دراسة بنيوية لروبرت ستانتون)(Robert Stanton)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfan, Ridha Savira Putri (2024) التحليل البنيوي في مسرحية "التوراة الضائعة" لعلي أحمد باكثير (دراسة بنيوية لروبرت ستانتون)(Robert Stanton). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ridha Savira Putri Alfan_03020120065 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ridha Savira Putri Alfan_03020120065 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 July 2027.

Download (1MB)

Abstract

Peneliti menggunakan teori struktural Robert Stanton dengan objek penelitian lakon “Attaurah Adhoi’ah” karya Ali Ahmad Bakatsir yang merupakan karya terakhir sebelum meninggalnya sang penulis. Lakon “Attaurah Adhoi’ah” menceritakan tentang peristiwa jatuhnya tanah Yerusalem kepada Zionis dan penderitaan yang dialami rakyat Palestina. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui unsur intrinsik dalam lakon “Attaurah Adhoi’ah” karya Ali Ahmad Bakatsir dengan rumusan masalah berikut : apa saja unsur intrinsik dalam lakon “Attaurah Adhoi’ah” karya Ali Ahmad Bakatsir berdasrkan teori struktural Robert Stanton?. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Dengan data penelitian berupa teks dalam lakon “Attaurah Adhoi’ah” karya Ali Ahmad Bakatsir.Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut : fakta-fakta cerita yang terdiri dari alur, tokoh dan latar. Alur pada lakon "Attaurah Adhoi’ah" karya Ali Ahmad Bakatsir adalah alur kombinasi atau alur maju dan mundur. Tokoh utama dalam lakon "Attaurah Adhoi’ah" adalah Cohen (adegan realistis), Solahuddin dan Richard (adegan fiksi) dan tokoh pembantu antara lain Barbara, Jim, Rachel, Dick Brown, Diana Broen, Anna Robert, Mario, Joseph, Fortin, Isaac, Biarawan, Ellen, Manajer Hotel, dan 4 Gerilyawan Arab (adegan realistis) Hilter dan Heltzer (adegan fiksi). Latar tempat meliputi salah satu hotel besar dikota yerusalem, depan pintu kamar jim, salah satu biara kota yerusalem, neraka (adegan fiksi). latar waktu meliputi malam, dhuha, menjelang siang, awal malam. Tema lakon “The Lost Torah” karya Ali Ahmed Bakathir adalah politik dan sejarah. sarana sastra yang terdiri dari judul, sudut pandang, uslub, simbolisme, ironi. judul lakon "at taurah adhoiah" diambil dari babak akhir cerita yang diungkapkan oleh tokoh jim. sudut pandang pada lakon ini adalah orag ketiga (tidak terbatas). uslub yang digunakan pada lakon ini adalah bahasa arab fusha. simbolisme dimunculkan dengan kata "taurat" yang mengacu pada orang-orang yahudi. ironi yang digunakan penulis adalah ironi dramatis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfan, Ridha Savira Putriridhasavira`9@gmail.com03020120065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDahlan, Juwairiyahjuwairiyahdahlan@yahoo.com2029085401
Thesis advisorHikmawati, Masnamasna.hikmawati@uinsby.ac.id2113049105
Subjects: Politik
Sejarah
Sastra
Film
Keywords: Kajian Struktural; Robert Stanton; Attaurah Adhoi’ah; Ali Ahmad Bakatsir
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Ridha Savira Putri Alfan
Date Deposited: 05 Jul 2024 01:05
Last Modified: 05 Jul 2024 01:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71890

Actions (login required)

View Item View Item