Pemikiran Emha Ainun Najib terhadap humanisme dan pluralisme dalam beragama

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Karunia, Seli (2024) Pemikiran Emha Ainun Najib terhadap humanisme dan pluralisme dalam beragama. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Seli Karunia_E01217023.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Seli Karunia_E01217023_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang “Pemikiran Emha Ainun Najib Tentang Humanisme dan Pluralisme Dalam Beragama” Setiap agama lahir di tengah himpitan agama-agama besar lainnya, dan tidak ada agama yang lahir tepisah dari kehidupan hingar bingar masyarakat plural. Indonesia sebagai sebuah bangsa yang multi etnik, multi budaya serta multi agama merupakan sebuah keniscayaan yang tidak bisa dibantah oleh siapapun. Keberadaan agama- agama tersebut merupakan tantangan khusus yang harus dihadapi oleh masing- masing pemeluk agama, sebab pluralisme sudah berada di sekeliling kita, dan tidak ada satu orangpun yang sanggup untuk menolaknya lagi. Dalam kondisi demikian toleransi dan dialog antar pemeluk umat beragama merupakan modal dasar dalam menjaga keutuhan masyarakat beragama yang humanis dan plural. Dalam hal ini, ketika kelemahan sosial itu secara etis dimaknai sebagai kekelemahan moralitas, di sini konsep kesadaran dalam humanisme dan pluralisme Emha dipandang dan dapat dijadikan kontribusi konseptual. Pendekatan yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi analisis, dimana pendekatan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pemikiran Emha Ainun Najib Tentang Humanisme dan Pluralisme Dalam Beragama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Karunia, Seliselikarunia123@gmail.comE01217023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZamzami, Mukhammadzamzami81@yahoo.com2015098101
Subjects: Ideologi Islam
Islam dan Humanisme
Pluralisme
Keywords: Emha Ainun Najib; humanisme; pluralisme
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Seli Karunia
Date Deposited: 22 Jul 2024 06:23
Last Modified: 22 Jul 2024 06:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71905

Actions (login required)

View Item View Item