Variasi bahasa masyarakat mataraman dalam wacana dakwah di Ponorogo Jawa Timur: kajian sosiolinguistik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufrodhi, Danang Zayyin (2024) Variasi bahasa masyarakat mataraman dalam wacana dakwah di Ponorogo Jawa Timur: kajian sosiolinguistik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Danang Zayyin Mufrodhi_03040420047 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Danang Zayyin Mufrodhi_03040420047 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 July 2027.

Download (1MB)

Abstract

Beragamnya bahasa yang digunakan dalam konteks dakwah mencerminkan keragaman budaya dan sosial di dalam masyarakat. Dengan memahami variasi bahasa ini, dapat mengeksplorasi bagaimana pemilihan kata, gaya bahasa, dan struktur kalimat dapat mempengaruhi persepsi dan respons audiens terhadap pesan-pesan dakwah. Dengan demikian, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi variasi Bahasa Mataraman dalam Wacana Dakwah di Ponorogo, Jawa Timur. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan perspektif sosiolinguistik. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari video YouTube pengajian lucu Jawa Timuran, kyai viral, KH. Khasanun di Pendopo Kabupaten Ponorogo, dan pengajian lucu Jawa Timuran KH. Khasanun Ponorogo terbaru 2024 pada channel YouTube Banyu Jowo Project. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak dan catat. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yakni menyimak, mencatat, dan menganalisis. Hasil penelitian menemukan tiga bentuk variasi bahasa, yaitu dialek, sosiolek, dan alih kode.Variasi bahasa dalam penelitian ini berfungsi untuk keberlangsungan bahasa dan identitas budaya. Dalam keberlangsungan bahasa, meliputi pemeliharaan bahasa, aksesibilitas dan pemahaman pesan, serta adaptasi dan respons terhadap dinamika sosial. Sedangkan dalam identitas budaya, meliputi pemertahanan identitas budaya dan keagamaan, meningkatkan aksesibilitas pesan, membangun keterhubungan dan solidaritas, serta memfasilitasi pemahaman dan internalisasi pesan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufrodhi, Danang Zayyindanangzayyin8756@gmail.com03040420047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRumilah, Sitist.rumilah@gmail.com2012077601
Subjects: Bahasa Indonesia
Sosiologi
Linguistik
Keywords: Sosiolinguistik; Bahasa Mataraman; Wacana Dakwah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Danang Zayyin Mufrodhi
Date Deposited: 20 Jul 2024 11:27
Last Modified: 20 Jul 2024 11:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71939

Actions (login required)

View Item View Item