Analisis Multiplier Effect pengembangan pariwisata terhadap peningkatan ekonomi masyarakat sekitar objek wisata Waduk Wonorejo Kabupaten Tulungagung

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Herawati, Mira Eka (2024) Analisis Multiplier Effect pengembangan pariwisata terhadap peningkatan ekonomi masyarakat sekitar objek wisata Waduk Wonorejo Kabupaten Tulungagung. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mira Eka Herawati_08040120094 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 July 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Mira Eka Herawati_08040120094 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui multiplier effect (dampak pengganda) pengembangan sektor pariwisata Waduk Wonorejo terhadap peningkatan ekonomi masyarakat Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung serta bagaimana perkembangan sektor pariwisata Waduk Wonorejo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode pengambilan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah metode wawancara diajukan kepada masyarakat wisatawan, tenaga kerja, unit usaha diambil sebanyak 50 responden, metode wawancara diajukan kepada koordinator wisata, wisatawan, tenaga kerja, unit usaha di lokasi wisata, serta observasi dan dokumentasi terhadap objek penelitian. Peneliti menganalisis data yang didapatkan dengan analisis multiplier effect. Analisis terhadap karakteristik wisatawan, unit usaha, tenaga kerja kemudian dampak ekonomi diestimasi dengan menggunakan Keynesian Income Multiplier yaitu dengan melihat dampak langsung, dampak tidak langsung, dan dampak lanjutan.Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kegiatan wisata yang ada di Waduk Wonorejo telah memberikan dampak ekonomi (multplier effect) kepada masyarakat sekitar dimana nilai multplier effect yang di hasilkan adalah sebagai berikut nilai Keynesian Income Multplier sebesar 1,1 Nilai Ratio Income Multplier tipe I sebesar 2,4, Nilai Ratio Income Multplier Tipe II adalah sebesar 3,3. Maka dengan itu dilihat juga dari hasil observasi bahwa penerapan multiplier ini berdampak pada perkembangan wisata itu dengan munculnya destinasi wisata baru peningkatan lapangan kerja, sarana dan prasarana yang disediakan serta kesempatan kerja bagi masyarakat yang terbuka lebar. Penelitian ini memberikan saran kepada tiga pihak, diantaranya pemilik unit usaha di lokasi wisata untuk menyediakan berbagai kebutuhan wisatawan, pengelola wisata agar terus melakukan pengembangan sarana dan prasarana di lokasi wisata, serta pemerintah daerah memberikan pelatihan tentang kepariwisataan agar masyarakat lebih sadar akan potensi dan melakukan promosi agar meningkatkan pengunjung seperti mengadakan event.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Herawati, Mira Ekamiraekaherawati@gmail.com08040120094
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDFitrianto, Achmad Roomar.fitrianto@uinsby.ac.id2027067701
Subjects: Ekonomi
Pariwisata
Keywords: Multiplier effect; pariwisata; peningkatan ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Mira Eka Herawati
Date Deposited: 18 Jul 2024 04:09
Last Modified: 18 Jul 2024 04:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71945

Actions (login required)

View Item View Item