Perancangan Ekowisata di Pulau Lusi dengan Pendekatan Arsitektur Ekologi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arrahman, Muhammad Haikal Zilfa (2024) Perancangan Ekowisata di Pulau Lusi dengan Pendekatan Arsitektur Ekologi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Haikal Zilfa Arrahman_H03217014 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
M. Haikal Zilfa Arrahman_H03217014 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Pulau Lusi atau singkatan dari Lumpur sidoarjo terletak pada muara sungai Porong. Pulau tersebut terbentuk dari upaya penanganan endapan lumpur di Muara Sungai Porong. Menurut RTRW Kabupaten Sidoarjo merupakan kawasan pengembangan wisata. Pulau Lusi pada awalnya terlihat gersang, namun menjadi hijau setelah dicoba ditanami pohon Mangrove. Pulau Lusi tersebut juga dibangun Tambak Wanamina yang tujuan awalnya adalah untuk memantau perilaku biota ikan, serta memantau pengaruh lumpur terhadap kehidupan ikan di muara. Seiring berjalannya waktu pulau lusi menjadi destinasi wisata baru karena memiliki potensi Kondisi eksisting memiliki keindahan panorama yang didominasi dengan keberagaman jenis tumbuhan mangrove. Memasukkan aspek konservasi dan edukasi adalah hal yang penting dalam pengembangan Ekowisata Pulau Lusi.Arsitektur Ekologi itu sendiri adalah suatu konsep perancangan yang sesuai untuk diterapkan di Pulau Lusi. Unsur konservasi dan edukasi akan mampu menjawab tantangan terkait pengembangan tempat wisata tanpa harus merusak atau mengubah kondisi alam secara signifikan. Konsep ini merupakan suatu usaha dalam memberikan opsi jawaban terhadap pemerintah dalam bidang pariwisata dan dikemas dengan sebuah konsep yang memperhatikan alam sekitar serta menjaga keharmonisan antar makhluk hidup yang berlandaskan Al-Quran. Dengan konsep tersebut dapat menjawab isu pada pengembangan kawasan pariwisata serta tetap memperhatikan keharmonisan alam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arrahman, Muhammad Haikal Zilfahaykalzielfa@gmail.comH03217014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDHeryanti, Septiaseptia.heryanti@uinsby.ac.id2014099002
UNSPECIFIEDSuriani, Efaefasuriani@uinsby.ac.id2024027903
Subjects: Arsitektur
Pembangunan
Bahan Pustaka > Pelestarian
Pelestarian
Keywords: Ekowisata; Pulau Lusi; Arsitektur Ekologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Muhammad Haikal Zilfa Arrahman
Date Deposited: 18 Jul 2024 05:33
Last Modified: 18 Jul 2024 05:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71954

Actions (login required)

View Item View Item