Manfaat penerapan tazkiyatun nafs melalui istighotsah as Shafa terhadap psikoterapi pada pecinta (muhibbin)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nabila, Naifatun (2024) Manfaat penerapan tazkiyatun nafs melalui istighotsah as Shafa terhadap psikoterapi pada pecinta (muhibbin). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Naifatun Nabila_07040620089.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Naifatun Nabila_07040620089_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 July 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Manfaat Penerapan Tazkiyatun Nafs melalui Istighotsah As-Shafa terhadap Psikoterapi pada Pecinta (Muhibbin). Maraknya individualisme, egoisme, dan materialisme yang semuanya berdampak pada kecemasan, stres, dan depresi menjadi pemicu penelitian ini. Saat menyaksikan dunia yang telah mencapai puncak kepuasan materi, semua orang benar-benar menyimpang dari ekspektasi dan mengalami kekhawatiran. Salah satu sistem mengendalikan permasalahan ini adalah dengan mengerapkan diri kepada Allah. Oleh sebab itu kita patut memohon kepada-Nya pertolongan dengan cara beristighotsah, serta mengarapkan ampun mengenai dosa-dosa yang pernah kita buat. Kita akan selalu dilindungi oleh Sang Pencipta jika kita berusaha atau menyerahkan diri kita kepada-Nya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekantan fenomenologi dan jenis penelitiannya berupa field study. Dengan menggunakan teori Tazkiyatun Nafs perspektif Imam Al Ghazali. Hasil observasi yang diperoleh sebagai berikut : 1. Istighotsah As-Shafa juga berisi pujian, sholawat, dan kumpulan doa-doa yang disusun oleh KH. Mohammad Nizam As-Shofa, diantara kandungannya adalah asmaul husna, doa ma’tsur dari Al-Qur’an yang dipanjatkan oleh para Nabi, sayyidul istighfar, doa-doa pilihan ulama salaf dan juga doa jibril. Keunikan dari istighotsah as-shafa ini adalah dilantunkan secara berjamaah dengan nada-nada yang memanjakan telinga pendengar dan membawa kekhusyukan batin. Tujuan pelaksanaan istighotsah as-shafa adalah melakukan ibadah pendekatan diri kepada Allah dalam bentuk berdoa secara berjamaah untuk keselamatan dan kemakmuran bangsa indonesia pada khususnya dan seluruh umat manusia pada umumnya, serta menjalin harmonis kepada ulama, umara dan masyarakat umum.Istighotsah as-shafa diikuti oleh jamaah Ahlus-Shafa Wal-Wafa se JawaTimur dan juga masyarakat umum yang dilaksanakan pada setiap jum’at wage pada pukul 16.00 – 19.00 dengan tempat yang berbeda-beda sesuai dengan yang dijadwalkan. 2. Urgensi dari penyelenggaraan istighotsah as shafa yang disusun oleh KH. Mohammad Nizam As-Shofa pengasuh PP Ahlus Shafa Wal-Wafa untuk tazkiyatun nafs yang dapat menghasilkan ketenangan pada diri ini diantaranya yaitu untuk penyucian jiwa, pembersihan dari penyakit hati, peningkatan kecerdasan spiritual, dan juga untuk menyikapi godaan dan ujian. Istighotsah as-shafa memiliki peran penting dalam meningkatkan kesadaran spiritual bagi pengikutnya dibuktikan dengan adanya manfaat yang diperoleh jamaah, yakni keberkahan yang membawa kebahagiaan hidup selamat dunia akhirat. Istighotsah as-shafa yang disusun oleh KH. Mohammad Nizam As-shofa juga memiliki beberapa manfaat diantaranya yaitu : mendatangkan keridhoan Allah, merasa selalu dalam pengawasan dan perlindungan-Nya, jalan menuju kebahagiaan dunia dan akhirat, meningkatkan rasa optimis dan juga mampu menumbuhkan ketenangan pada diri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nabila, Naifatunnaifatunnabila2@gmail.com07040620089
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSaad, Mukhlisinmukhlisin.saad@yahoo.com2028096101
Subjects: Doa dan Zikir
Psikoterapi > Psikoterapi Islam
Keywords: Tazkiyatun nafs; psikoterapi; istighotsah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Naifatun Nabila
Date Deposited: 18 Jul 2024 02:55
Last Modified: 18 Jul 2024 02:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71959

Actions (login required)

View Item View Item