Implementasi model Desain Sistem Instruksional Berorientasi Pencapaian Kompetensi (DSI-PK) pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suryani, Titik (2009) Implementasi model Desain Sistem Instruksional Berorientasi Pencapaian Kompetensi (DSI-PK) pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Titik Suryani_D31205071.pdf

Download (645kB) | Preview

Abstract

SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo adalah lembaga pendidikan terakreditasi A yang menggunakan model desain sistem instruksional berorientasi pencapaian kompetensi (DSI-PK) sebagai salah satu model pembelajarannya. Model DSI-PK sendiri muncul karena dua sebab. Pertama, lahirnya UU No. 25 Tahun 2000 tentang Kewenangan Pemerintah dan Kewenangan Propinsi sebagai Daerah Otonom. Kedua, UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Skripsi ini bermaksud mengetahui implementasi, faktor pendukung, faktor penghambat, dan solusi untuk mengatasi penghambat model DSI-PK pada proses pembelajaran PAI di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik analisis yang dipakai adalah berfikir induktif, deduktif, dan reflectif thinking. Adapun data-data yang berkaitan dengan pembahasan diperoleh dengan menggunakan tiga instrumen pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah memperoleh data yang memadai, penulis kemudian menganalisis data tersebut sesuai dengan jenisnya.
Penulis memperoleh hasil penelitian sebagai berikut: 1. Implementasi model DSI-PK pada proses pembelajaran PAI di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo berjalan dengan baik. Hal itu didasarkan pada kenyatanan bahwa faktor pendukung yang ada lebih menonjol daripada faktor penghambat. 2. Faktor pendukung implementasi model DSI-PK pada proses pembelajaran PAI di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo adalah kondisi sarana dan prasarana yang memadai, sumber daya manusia (guru) yang profesional, latar belakang guru yang beragam, dan manajemen kelembagaan yang baik. 3. Faktor penghambat implementasi model DSI-PK pada proses pembelajaran PAI di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo adalah alokasi kelas yang tidak sebanding dengan jumlah peserta didik, jam mengajar guru yang terlalu padat, dan tidak adanya pemilahan kelas antara peserta didik yang mempunyai kecerdasan tinggi dan yang rata-rata. 4. Solusi untuk mengatasi penghambat implementasi model DSI-PK pada proses pembelajaran PAI di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo adalah membangun kelas-kelas baru untuk mengimbangi jumlah peserta didik, meningkatkan profesionalitas guru dalam mengajar, dan melakukan pemilahan peserta didik pada saat penerimaan siswa baru (PSB) untuk mengetahui tingkat kecerdasan masing-masing.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suryani, Titik--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Metode
Keywords: Model Desain Sistem Instruksional Berorientasi Pencapaian Kompetensi; proses pembelajaran; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2009
Last Modified: 29 Nov 2018 06:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7197

Actions (login required)

View Item View Item