Analisis komparasi kemampuan problem solving peserta didik SMP Sekolah Indonesia Kuala Lumpur dan SMP Sunan Giri pada penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantu media game Wordwall

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kusaeni, Tsabita Na'ilatun Nahda (2024) Analisis komparasi kemampuan problem solving peserta didik SMP Sekolah Indonesia Kuala Lumpur dan SMP Sunan Giri pada penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantu media game Wordwall. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tsabita Na'ilatun Nahda Kusaeni_06021020023 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 July 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Tsabita Na'ilatun Nahda Kusaeni_06021020023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya kemampuan 4C (Communication, Collaboration and Problem Solving, Creativity and Innovation, Critical Thinking) peserta didik pada pembelajaran abad 21. Berdasarkan hasil wawancara pada guru mata pelajaran IPA kelas VII SMP Sekolah Indonesia Kuala Lumpur dan SMP Sunan Giri, kemampuan pemecahan masalah (Problem Solving) peserta didik belum pernah diukur dan dilatihkan. Penelitian di dua sekolah berbeda Negara ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan Problem Solving peserta didik dan mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan Problem Solving peserta didik sekaligus memberi pengalaman baru bagi peserta didik dalam menyelesaikan soal berbasis Problem Solving. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian One Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) yang terdiri dari dua kelas dan SMP Sunan Giri yang terdiri dari 11 kelas. Teknik yang digunakan untuk menentukan sample adalah teknik Simple Random Sampling dan mendapat dua kelas setara dari seluruh kelas VII di kedua sekolah SMP Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) dan SMP Sunan Giri. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, angket dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data deskriptif, statistik, dan analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan Problem Solving peserta didik SMP Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) dan SMP Sunan Giri yang dibuktikan dengan: 1) Keterlaksanaan pembelajaran melalui aktivitas guru dan peserta didik dengan model Problem Based Learning (PBL) berbantu media game wordwall terlaksana dengan sangat baik; 2) Respon peserta didik positif terhadap keterlaksanaan model Problem Based Learning (PBL) berbantu media game wordwall, dimana banyaknya anak yang memberi respon sangat setuju (SS) dan setuju (S) persentasenya lebih besar dari pada sangat tidak setuju (STS) dan tidak setuju (TS); 3) Tidak ada perbedaan kemampuan Problem Solving peserta didik di SMP Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) maupun SMP Sunan Giri, hal ini dibuktikan dengan hasil uji Mann Whitney yang menunjukkan nilai signifikansi atau Asymp. Sig (2tailed) > 0,05 yakni 0,573 sehingga H1 ditolak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kusaeni, Tsabita Na'ilatun Nahdatsabitanahda@gmail.com06021020023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com198906202019032017
Thesis advisorInayah, Naililnailil.inayah@uinsa.ac.id2020068902
Subjects: Fisika
Metode Pembelajaran
Pendidikan > Penelitian
Penelitian
Keywords: Problem solving; peserta didik SMP; Problem Based Learning; game Wordwall
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Tsabita Na'ilatun Nahda Kusaeni
Date Deposited: 25 Jul 2024 08:19
Last Modified: 25 Jul 2024 08:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71975

Actions (login required)

View Item View Item