Pola dakwah jemaat Ahmadiyah Indonesia di Jawa Timur sebagai bentuk resistensi pasca surat keputusan Gubernur No. 188/94/KPTS/013/2011: analisis berdasarkan teori resistensi James c. Scott

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salsabila, Alisyah (2024) Pola dakwah jemaat Ahmadiyah Indonesia di Jawa Timur sebagai bentuk resistensi pasca surat keputusan Gubernur No. 188/94/KPTS/013/2011: analisis berdasarkan teori resistensi James c. Scott. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alisyah Salsabila_07010220002 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 July 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Alisyah Salsabila_07010220002.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ahmadiyah adalah gerakan berbasis agama Islam yang memiliki dasar ideologi yang sedikit berbeda dengan mayoritas Islam di Indonesia. Hal ini kemudian berujung pada banyaknya penyerangan yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu yang menolak keberadaan Ahmadiyah. Menyikapi kerusuhan yang terjadi, pemerintah membuat kebijakan untuk menghindari kericuhan yang berkelanjutan, salah satunya adalah surat Keputusan gubernur Jawa Timur No. 188/94/KPTS/013/2011 tentang pelarangan aktivitas Jemaat Ahmadiyah di Jawa Timur. Peraturan ini tentunya menimbulkan implikasi yang merugikan Ahmadiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang pola dakwah yang diterapkan Ahmadiyah pasca SK Gubernur melalui teori resistensi James C. Scott. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang dapat menyajikan penjelasan yang rinci, mendalam dan sistematis, serta berbasis fakta mengenai praktik yang berlangsung di lapangan. Peneliti melakukan proses pengumpulan data primer melalui observasi partisipasi, wawancara dengan pihak-pihak terkait, serta dokumentasi. Kemudian untuk pengumpulan data sekunder diperoleh melalui referensi buku, jurnal, dan artikel ilmiah. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pola pikir deduktif berdasarkan permasalahan atau fakta umum yang kemudian akan ditarik kesimpulan yang bersifat khusus. Setelah mengkaji dan menganalisa hasil penelitian yang didapatkan, temuan yang dari penelitian ini yakni dakwah Ahmadiyah yang tergolong dalam resistensi transkrip publik antara lain: rabtah, pemeriksaan gratis dan pengobatan, bazar buku, dakwah media sosial, tabligh, dan pengenalan Ahmadiyah pada media. Sedangkan Dakwah dalam aktivitas Jemaat Ahmadiyah di Jawa Timur yang dapat diidentifikasikan sebagai resistensi transkrip tersembunyi menurut teori resistensi James C. Scott antara lain: ta’limul Qur’an, muawanah, Kajian Ta’limul Qur’an dan Sejarah-Sejarah Ahmadiyah untuk anak-anak, dan tarbiyat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salsabila, Alisyahalisyahsalsabil@gmail.com07010220002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAfdillah, Muhammadm.afdillah@uinsby.ac.id2021048202
Subjects: Agama
Ideologi Islam
Islam
Keywords: Dakwah; Ahmadiyah Indonesia; bentuk resistensi; surat keputusan Gubernur; teori resistensi James C. Scott
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Unnamed user with email alisyahsalsabil@gmail.com
Date Deposited: 23 Jul 2024 07:03
Last Modified: 23 Jul 2024 07:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71978

Actions (login required)

View Item View Item