Pandangan dan sikap muslimah kelompok salafi terhadap relasi muslim-non muslim di Kuwukan Lontar Surabaya: dalam perspektif sosiologi konflik Lewis Alfred Coser

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safitri, Siti Nur (2024) Pandangan dan sikap muslimah kelompok salafi terhadap relasi muslim-non muslim di Kuwukan Lontar Surabaya: dalam perspektif sosiologi konflik Lewis Alfred Coser. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Nur Safitri_E01217025 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 July 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Siti Nur Safitri_E01217025.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kelompok Muslimah Salafi mengenai hubungan Muslim-Non Muslim di Kuwukan Lontar Surabaya. Bahwa manusia memiliki naluri untuk senantiasa berhubungan antar sesamanya. Dalam hal tersebut dapat menghasilkan pandangan-pandangan mengenai aspek kebaikan dan aspek keburukan. Secara sosiologis, agama yang menjadi pemicu suatu perpecahan sosial selain itu agama juga dapat dijadikan sebagai alat pemersatu hubungan solidaritas sosial.. penelitian ini akan menjawab tiga permasalahan. Pertama, Bagaimana pandangan kelompok muslimah salafi terhadap relasi Muslim-Non Muslim di Kuwukan Lontar Surabaya?. Yang kedua, apa faktor yang mempengaruhi sikap kelompok muslimah salafi terhadap relasi Muslim dan Non-Muslim?. Dan yang ketiga, bagaimana pandangan kaum muslimah salafi terhadap relasi Muslim-Non Muslim di Kuwukan Lontar Surabaya dalam perspektif Lewis Alferd Coser?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif. Data pada penelitian ini diperoleh dari riset kepustakaan yang relevan dengan tema yang peneliti kaji. Selanjutnya data-data yang telah penulis dapatkan dibaca dan disajikan secara deskriptif analitis. Dalam penelitian ini terdapat beberapa temuan, yakni pertama, Kehidupan social keagamaan pada masyarakat Muslim-Non Muslim di Kuwukan saat ini berjalan sesuai dengan norma-norma dan nilai keagamaan yang berlaku dalam kehidupan masyarakat. Kedua, faktor yang mempengaruhi atas relasi social pada masyarakat Muslim-Non Muslim yakni, faktor imitasi dan faktor simpati. Dan yang ketiga, di analisa dengan perspektif Lewis Alfred Coser mengarah pada peningkatan, penyesuaian serta adaptasi secara baik dalam hubungan sosial yang spesifik secara keseluruhan terhadap kelompok, bukan mengarah pada penurunan sebuah konflik sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safitri, Siti Nursitinursafitri62@gmail.comE01217025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTasmuji, Tasmuji-2027096201
Subjects: Hubungan Masyarakat
Konflik sosial
Perbandingan Agama
Perbandingan Agama
Keywords: Muslimah salafi; muslim-non muslim Lewis Alferd Coser
Depositing User: Siti Nur Safitri
Date Deposited: 23 Jul 2024 05:57
Last Modified: 23 Jul 2024 05:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71990

Actions (login required)

View Item View Item